Mohon tunggu...
Muhammad Dzikri Khalid Nasihin
Muhammad Dzikri Khalid Nasihin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Film dan Televisi Universitas Pendidikan Indonesia

Memliki ketertarikan di dunia broadcasting dan live streaming

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Memudahkan Proses PKL, Siswi SMK Menciptakan Aplikasi SEILO

22 Maret 2023   07:58 Diperbarui: 22 Maret 2023   08:19 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Era modern saat ini, tidak terlepas dari berbagai teknologi digital. Tentu banyak dari kita yang sudah tidak asing dengan berbagai teknologi digital. Baik informasi, berita, maupun hiburan tersedia dengan bebas dan mudah dengan bantuan teknologi digital.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sementara itu menurut para ahli, Manuel Castells mengungkapkan, "Teknologi ialah suatu kumpulan alat, aturan, dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan". 

Sementara itu menurut pakar ahli Indonesia, Djojohadikusumo mengungkapkan " Teknologi ialah suatu bidang yang berkaitan erat dengan ilmu sains serta ilmu kerekayasaan atau ilmu engineering. Dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya teknologi dapat juga diartikan memiliki dua dimensi, yaitu diantaranya dimensi engineering dan dimensi science. Kedua dimensi ini kemudian akan saling terkait antara yang satu dan yang lain selama masa perkembangan dan juga penciptaan dari sebuah teknologi, yan tak dapat saling terpisahkan ".

Inovasi teknologi menjadi hal yang menarik di era modern, banyak dari para peneliti atau pengembang berlomba -- lomba menciptakan inovasi yang dapat memudahkan aktivitas sehari -- hari manusia, baik dari inovasi di wilayah kesehatan, rumah tangga, pertanian, maupun perkantoran menjadi target audience yang sangat menjanjikan. Inovasi teknologi memiliki berbagai macam, seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), kecerdesan buatan atau AI ialah pengembangan sistem komputer yang mampu menjalankan tugas  - tugas yang biasnya membutuhkan kecerdasan manusia, seperti belajar, menyelesaikan masalah, dan mengambil keputusan. Selanjutnya ialah Virtual Reality, Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan pengguna membenamkan diri ke dalam dunia atau pengalaman virtual melalui penggunaan headset dan perangkat pendukung lainnya. Kemudian teknologi yang berkembang saat ini ada Wearable Technology, ialah teknologi yang dapat dikenakan mengacu pada penangkat elektronik yang dapat dikenakan di tubuh untuk melakukan berbagai tugas atau fungsi, beberapa contoh nya seperti jam tangan pintar (smartwatch), pelacak kebugaran, dan pakaian pintar.  

Salah satu inovasi teknologi yang saat ini gencar dikembangkan ialah inovasi di bidang aplikasi digital, banyak aplikasi -- aplikasi yang saat ini dapat memudahkan berbagai pekerjaan manusia. Contohnya seperti layanan pesan dan antar online, E-commerce, aplikasi layanan streaming, layanan penyedia transportasi online, dan lain sebagainya. 

Di dunia perusahaan, penerapan inovasi digital juga sangat diperlukan. Tentunya dengan bertujuan mengikuti perkembangan zaman yang serba canggih. Termasuk di lingkungan pendidikan, terlebih di Sekolah Menengah Kejuruan. Seperti yang sudah banyak diketahui Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK memiliki program pendidikan Praktik Kerja Lapangan, yaitu program pelatihan siswa untuk terjun langsung di dunia industri baik itu di perusahaan tetap maupun di start up. Hal ini yang membutuhkan keterkaitan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan, terkadang siswa SMK kesulitan untuk mencari tempat Praktik Kerja Lapangan yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Seorang siswi SMK Telkom Bandung, Sabna Nurul Hasanah mengembangkan sebuah inovasi teknologi berbasis aplikasi digital yang memiliki fungsi untuk memudahkan pencarian perusahaan demi kebutuhan Praktik Kerja Lapangan atau yang biasa disebut PKL. Aplikasi ini ia beri nama SEILO (Search Internship Location).

Ide gagasan dari inovasi ini, Sabna ajukan sebagai gagasan untuk mengikuti kompetisi Astra Honda Motor Best Student 2022 atau biasa disebut AHM Best Student yang bertema "Berkreasi Menebar Inspirasi". AHM Best Student sendiri ialah salah satu program pencarian dan pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi di Tanah Air. Program yang memasuki dua dekade penyelenggaraan ini bersinergi dengan stakeholder terkait seperti dinas pendidikan dan kebudayaan, sekolah, akademisi hingga praktisi dan para pakar untuk menyaring potensi pelajar SMA / SMK melalui beragam tema kompetisi yang diberikan setiap tahunnya. 

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, "Kekuatan literasi dan kepedulian sosial merupakan kunci untuk mengikuti menjadi siswa terbaik versi AHM Best Student. Kegiatan ini menemukan banyak talenta melalui karya dalam bentuk ide maupun invensi yang segar, adaptif dan memberikan dampak nyata bagi kelompok di setiap wilayah siswa. Kearifan lokal dari berbagai daerah di Indonesia pun turut mewarnai pejalanan dua dasawarsa AHM Best Student. Cikal Bakal SDM unggul dan peduli pada sekitar banyak kami temukan di ajang AHM Best Student ini."

Hal yang membuat Sabna tertarik untuk mengikuti lomba AHM ini, salah satunya karena ia memiliki ketertarikan dalam bidang inovasi. "Yang membuat saya tertarik mengikuti lomba AHM ini, pertama karena lomba ini baru bagi saya, dan waktu itu saya dapet informasi lomba ini dari guru pembimbing saya. Kemudian beliau mengajak saya untuk mengikuti lomba AHM Best Student ini. Kedua, karena sistem atau jenis lomba ini tuh mirip dengan lomba - lomba sebelumnya yang saya ikuti, yaitu mengenai ide inovasi yang dituangkan melalui sebuah karya tulis ilmiah. Jadi, saya tertantang dan tertarik untuk mengikutinya." Ujarnya ketika di wawancara. 

Sabna pun mendapat banyak support dan dorongan dari lingkungan sekitarnya, ia menuturkan, "Ada banyak orang yang mensupport saya dalam lomba ini. Pertama, mentor/pembimbing saya, yaitu Pak Jaka Guningrat, beliau yang pertama kali memberikan informasi mengenai lomba ini kepada saya, kemudian mengajak saya untuk ikut, dan mendampingi serta membimbing saya dari awal lomba sampai akhir. Kedua, kedua orang tua saya tentunya. Ketiga, pihak sekolah, terkhusus bapak kepala sekolah saat itu, Pak Krisnha, yang mendukung penuh saya dalam lomba ini. Kemudian tim kesiswaan SMK Telkom Bandung. Serta semua guru dan teman teman terdekat saya, adik dan Kaka kelas saya juga ikut mendukung."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun