Lemahabang, Pekalongan (07/02/2024) -- Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) membuktikan peran strategis mereka dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan merancang solusi inovatif untuk mengatasi sulitnya pemasaran UMKM di Desa Lemahabang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan melalui kegiatan Pemberdayaan yang bertema "Pengenalan Pembayaran Digital dan E-Commerce". Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Balai Desa Lemahabang dan dihadiri oleh perangkat desa, para ketua RW, para ketua RT, penjual durian, dan yang lainnya. Sulitnya pemasaran produk UMKM berdampak terhadap perekonomian masyarakat tersebut dikarenakan masih bergantung kepada pengepul serta masih ada permainan harga yang dilakukan.
Desa Lemahabang, yang kaya akan produk UMKM, seringkali menghadapi tantangan dalam memasarkan produk-produk lokalnya. Melihat peluang untuk membantu para pelaku UMKM, mahasiswa UNDIP dari berbagai jurusan bergabung dalam sebuah proyek kolaboratif untuk mencari solusi yang efektif. Salah satu langkah yang diambil adalah pengembangan platform pemasaran digital yang dapat meningkatkan jangkauan dan eksposur produk-produk UMKM Desa Lemahabang.
Kegiatan pemberdayaan ini diisi oleh beberapa materi, yakni tentang UMKM, e-commerce, strategi pemasaran, dan metode pembayaran. Materi awal pada kegiatan sosialisasi ini adalah tentang pengantar UMKM. Pada materi tersebut disampaikan juga tentang bagaimana cara mendaftarkan UMKM di Dinas Perindustrian serta persyaratan atau dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendirikan UMKM. Materi kedua adalah tentang e-commerce yang menjelaskan contoh e-commerce yang dapat digunakan sebagai media pemasaran produk serta demonstrasi atau praktik dari pengelolaan e-commerce bagi penjual. Maksud dari dipaparkannya materi tersebut adalah mengenalkan sekaligus memberikan referensi media pemasaran online agar penjualan tidak bergantung kepada pengepul. Materi ketiga tentang strategi pemasaran. Pada sesi ini disampaikan materi yaitu pengertian copywriting serta contoh iklan. Materi ini menjelaskan tentang apa itu copywriting dan formula yang dapat digunakan untuk membuat iklan. Hal ini perlu disampaikan agar masyarakat mengetahui bahwa pembuatan iklan untuk pemasaran terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Dengan solusi inovatif yang diberikan oleh mahasiswa UNDIP, diharapkan UMKM Desa Lemahabang akan mampu bersaing lebih baik di pasar, menjangkau konsumen yang lebih luas, dan pada akhirnya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat.
Penulis : Tim I KKN 2023/2024 Universitas Diponegoro
KKN TIM I UNDIP 2023/2024
DPL : Solikhin, S.Si., M.Si.
#KKNUndip2023
#KKNUndip2024
#p2kkn
#p2kknUndip
#LPPMUndip
#Undip
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H