Mohon tunggu...
Mhd Faiq
Mhd Faiq Mohon Tunggu... Lainnya - Kuliah

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Motivasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa: Pendekatan Psikologi Pendidikan

6 Desember 2024   12:26 Diperbarui: 6 Desember 2024   13:27 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tesis :

Motivasi adalah kunci utama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Melalui pendekatan psikologi pendidikan, motivasi dapat dikembangkan baik secara intrinsik maupun ekstrinsik, yang pada akhirnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan produktif.

Argumentasi :

1. Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik

   Motivasi intrinsik berasal dari dalam diri siswa, seperti rasa ingin tahu atau kepuasan pribadi terhadap proses belajar. Sebaliknya, motivasi ekstrinsik dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti penghargaan, pujian, atau harapan dari guru dan orang tua. Kedua jenis motivasi ini dapat saling melengkapi untuk mendorong siswa mencapai tujuan belajarnya dengan lebih baik.

2. Penerapan Prinsip Psikologi Pendidikan

   Psikologi pendidikan menawarkan alat untuk memahami dan meningkatkan motivasi siswa. Guru dapat menerapkan strategi seperti memberikan umpan balik positif, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan mengaitkan materi pelajaran dengan minat siswa. Pendekatan ini membantu siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk belajar.

3. Faktor Lingkungan dan Peran Guru

   Lingkungan belajar yang mendukung, termasuk sikap positif guru, sangat memengaruhi motivasi siswa. Guru yang mampu memberikan dorongan, memahami kebutuhan siswa, dan menciptakan tujuan yang jelas akan memfasilitasi tumbuhnya motivasi intrinsik yang berkelanjutan.

4. Hasil Belajar yang Optimal

   Siswa yang termotivasi cenderung lebih gigih, fokus, dan berprestasi. Psikologi pendidikan menunjukkan bahwa motivasi yang tepat tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan siswa untuk masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun