Mohon tunggu...
Rahmah Chemist
Rahmah Chemist Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger - Product Photographer

Simple, challenge, suka nulis and fun. Temui saya di dunia maya... Blog: http://chemistrahmah.com

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Ikut Mini Bootcamp Ramadan, Bukti Dunia dan Akhirat Harus Seimbang, Bukan?

3 April 2023   22:13 Diperbarui: 3 April 2023   22:43 871
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Pribadi made by Canva

Ramadan memang datang denganembawa sejuta berkah. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan demi pahala tercurah. Ya, seperti itulah Ramadan yang diharapkan orang-orang yang berserah.

Ragam aktivitas juga tidak selamanya berputar pada ibadah semata. Mengikuti kegiatan dengan tujuan mengisi wawasan dan manfaat diri pun terbuka lebar di depan mata. 

Tingkatkan Skill Menulis Blog

Sejak mengenal blog di tahun 2008, tentu banyak hal yang makin berkembang. Tidak lagi sekadar nulis dan curhat kemudian rupiah berjejer rapi dalam etalase pendapatan. 

Siapa saja yang mengaku blogger saat ini kalau tidak upgrade kemampuan menulis dan mengelola blog, pasti akan ketinggalan. Tidak hanya ketinggalan ilmu, tak diperhitungkan sebagai blog yang update pun bisa terjadi. Untuk itu sangat penting selalu belajar hal-hal baru seputar blog. 

"Mbak Amma ini ilmunya sudah banyak padahal, tapi masih semangat belajarnya. Keren banget..." 

Kalimat di atas dilontarkan oleh salah seorang teman blogger. Dia heran aja karena melihat nama saya masuk sebagai peserta mini bootcamp padahal menurutnya semua materi yang akan disampaikan sudah saya ketahui. Maasyaa Allah saya jadi tidak enak sendiri. Selalu merasa kurang ilmu menjadikan saya tidak berhenti belajar. Apalagi di bulan Ramadan ini daripada saya banyak tidur dan jadi contoh kurang baik ke anak-anak, muroja'ah kembali pelajaran awal-awal ngeBlog rasanya lebih menantang. 

Ada pun yang penting diketahui seorang blogger adalah:

  • Membuat Konten Menarik dan Sarat Wawasan
  • Artikel yang Dibuat Memiliki Tingkat Keterbacaan Tinggi
  • Bisa Bersaing di Halaman Mesin Pencari
  • Paham Tools Blog yang Menunjang Performa-nya agar Menjadi Lebih Baik

Saya niatkan ilmu tersebut bisa saya ajarkan juga kelak jika ada yang tanya. Minimal juga saya ajarkan kembali untuk anak-anak yang terlihat sudah kepo dengan aktivitas blogging bundanya. Intinya semua bisa dikerjakan selama tidak mengorbankan hal prioritas dan utama, baik itu sebagai perempuan, istri dan tentunya ibu dari tiga orang anak. 

Skill Fotografi Produk

Ini penting karena hobi fotografi ternyata bisa menopang saya saat pandemi kemarin. Nah, tidak ada salahnya saya pun belajar kembali skill foto produk, khususnya produk-produk hampers. Sayangnya, tahun ini memang sedikit lesu yang meminta jasa saya karena sebelumnya closed lama karena harus melahirkan dan merawat keluarga suami di kampung. 

Namun, saya percaya bahwa kondisi ini tidak lain dihadirkan Allah karena ada prioritas utama yaitu mengasuh anak dulu sambil belajar teknik-tekniknya bersama teman-teman sehobi. Jika sudah mahir maka kelak akan terbuka lagi kesempatan foto produk berdatangan orderan. Saat ini cukup pelajari ilmunya, siapkan props-nya dan pastinya eksekusi jika memungkinkan pada saat itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun