Mohon tunggu...
Muh Ismail Pidu
Muh Ismail Pidu Mohon Tunggu... profesional -

Easy Going,suka musik,itu aja

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Kemampuan yang Perlu Dimiliki agar Menjadi "Wedding Planner" Sukses

24 November 2018   22:59 Diperbarui: 24 November 2018   23:11 313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Usaha wedding organizer saat ini terus saja berkembang dan menjadi salah satu pilihan alternatif peluang usaha yang menjanjikan. Keberadaan seoarang wedding planner atau perencana pernikahan saat menjadi salah satu kebutuhan utama dari setiap pasangan yang akan menikah.

Menjadi seorang wedding organizer dapat dikatakan susah-susah gampang, selain diperlukan keterampilan dalam menjalin relasi dari berbagai lini termasuk dengan berbagai vendor-vendor pernikahan, seorang WO juga dituntut memiliki keterampilan secara personal secara khusus yang diyakini dapat menjadi salah satu faktor pendukung agar usaha wedding oraganizer yang ia miliki dapat berkembang dan semakin sukses.

Berikut 5 kemampuan wedding planner yang perlu anda miliki :

1. Kemampuan Negosiasi
Kline anda tentu saja akan mengandalkan anda agar acara pernikahannya dapat berjalan lancar dan sempurna, dan itu tentu saja membutuhkan berbagai elemen-elemen pernikahan seperti fotografi,katering dan tempat resepsi.

Anda dituntut untuk dapat menemukan layanan yang dapat memberikan kualitas dengan harga terendah. Disinilah kemampuan negosiasi sangat dibutuhkan. Negosiasi yang alot kerap terjadi saat menentukan harga yang pas. Untuk itu anda perlu banyak belajar tentang trik-trik negosiasi yang jitu agar anda bisa mendapatkan produk atau jasa layanan yang anda akan sewa.

2. Manajemen keuangan yang baik
Segala macam bentuk usaha yang berhasil dan sukses adalah usaha yang memiliki sistem manajemen keuangan yang baik. Saat anda menjalankan bisnis wedding organizer pun demikina. Anda harus dapat mengelola pengeluaran anda sendiri dan tetap berpegang pada anggaran serta bertanggung jawab untuk uang orang lain dan anggran.

3. Memiliki Kemampuan Dalam Mengelola Item Acara
Wedding planner adalah orang yang diberikan mandat khusus dan bertanggung jawab penuh hampir di setiap aspek dan resepsi pernikahan. Mulai dari tema, ruangan, katering, pakaian, bahkan sampai ke acara bulan ini. Mengelola begitu banyaknya item tentu saja diperlukan kemampuan manajemen yang baik. Anda bisa melakukan pencatatan dalam sebuah buku agenda untuk mencatat semua item-item keperluan dari klien anda, agar tak ada satupun yang terlewatkan

4. Menyenangkan Pelanggan
Komunikasi adalah salah satu cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Reputasi ada sebagai pemilik usaha tergantu dari kemampuan anda menjalin hubungan yang harmonis dengan pelanggan anda.

Selain hubungan dengan pelanggan, hubungan dengan vendor-vendir lain pun perlu anda jaga. Untuk itu anda perlu paham dan mampu menempatkan diri untuk bisa berkomunikasi dengan berbagai jenis bentuk kepribadian. Tidak semua orang yang anda temui bisa memberikan tanggapan yang baik dan menyenangkan.

Anda harus mampu mengontrol diri agar tdak terjebak dengan situasi yang bisa menimbulkan ketegangan agar anda dapat bekerja secara maksimal demi memperoleh hasil yang maksimal.

5. Update dengan Trend
Menjadi seorang pengusaha  wedding organizer tentu saja anda dihadapkan dengan berbagai selera mode dari setiap pelanggan yang and temui. Anda jangan terpaku dengan satu jenis mode saja. Untuk itu anda perlu mengikuti update dan mode masa kini terkait musik fashion, warna, bunga dan tema-tema pernikahan yang booming saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun