Branding adalah sebuah upaya yang dilakukan secara kreatif untuk memberikan informasi kepada
masyarakat umum mengenai perusahaan yang anda jalankan . Nah, dengan adanya branding ini bisnis
anda akan lebih dikenal oleh masyarakat sehingga kemungkinan besar mereka akan kembali untuk
membeli suatu produk dari perusahaan anda.
Sedangkan digital branding itu adalah proses membangun identitas merek suatu produk atau
perusahaan secara online, seperti menggunakan media sosial dan lainnya. Melalui digital branding, ini
akan mempermudah anda dalam mengevaluasi bisnis anda, apakah itu dipandang baik oleh masyarakat
ataukah tidak.
Mungkin anda khususnya sebagai pengusaha baru pasti akan merasa bingung bagaimana cara anda
dalam melakukan branding pada bisnis anda. Untuk itu berikut ada berbagai strategi digital branding :
• Penayangan iklan melalui media promosi internet.
Sudah tidak asing lagi bagi kita para kaum milenia dengan yang namanya sosial media. Untuk itu bagi
kalian para pebisnis baru, kalian bisa memanfaatkan sosial media sebagai media untuk melakukan digital
branding yang menarik agar mampu menarik minat para pelanggan.
Namun saat anda sudah menjalankan nya, anda harus bisa menjadwalkan waktu posting konten Anda
seperti di hari-hari besar, hari-hari nasional, dan sebaginya, mengevaluasi komentar maupun saran yang
diberikan oleh para netizen, dan jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan konten sosial
media anda secara berkala.
• Email Marketing
Karna sudah banyaknya alat-alat digital yang canggih, sebagian orang sudah banyak melupakan email.
Padahal, setelah di analisa ternyata email juga memiliki banyak manfaat dalam digital branding
contohnya saja seperti mobile feed, search engine ads, dll.
Di dalam menjalankan digital branding terdapat kelemahan yang biasa terjadi yaitu :
• Membutuhkan pengalaman
Salah satu kelemahan dari digital branding itu adalah sangat dibutuhkan nya pengalaman yang
profesional dalam penerapan nya. Karna digital marketing itu tidak didapat dilakukan secara cepat
( instan ), sehingga dalam prosesnya membutuhkan waktu yang lebih banyak dan pengalaman yang
memadai supaya produk yang anda tawarkan dapat dengan mudah dikenal dan diterima oleh konsumen.
• Membutuhkan passion dan konsistensi atau berkelanjutan
Di era pandemi ini banyak para pelaku usaha khusunya perusahaan besar yang tutup Karna kurangnya
pemanfaatan digital marketing.oleh sebab itu, anda perlu menentukan passion seperti apa yang cocok
bagi perusahaan anda sebelum memulai menerapkan strategi digital marketing.
Kesimpulan
Di era digital seperti sekarang, banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan digital sebagai salah satu
cara untuk mempromosikan produknya. Berbagai keuntungan yang menarik juga bisa anda dapatkan
jika anda bisa menerapkan digital dengan baik dan benar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H