Kreativitas dapat diartikan sebagai suatu kemampuan umum untuk menciptakan suatu yang baru
atau kemampuan untuk memberikan Gagasan-gagasan baru yang dapat diterapkan dalam pemecahan
masalah, atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsur-unsur yang
sudah ada sebelumnya.
Saat pandemi covid-19 mulai melanda Indonesia pada Maret 2020, seluruh tempat wisata di
Nusantara ditutup . Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran nya agar tidak semakin meluas.
Pariwisata sendiri menjadi salah satu sektor usaha yang paling pertama dan mengalami keterpurukan
selama munculnya pandemi Covid - 19. Tapi, sebagian dari pebisnis pariwisata tidak begitu saja
menyerah agar mereka bisa tetap bertahan. Hingga akhirnya muncullah sebuah solusi berwisata yang
memanfaatkan teknologi digital atau virtual tour.
Dalam kegiatan nya, virtual tour ini akan memberikan sesuatu kepada peserta berupa suguhan
destinasi wisata yang bisa mereka nikmati tanpa harus keluar dari rumah , mereka bisa berwisata
dengan melalui perangkat digital yaitu bisa berupa laptop atau gadget dan lainnya. Selama tour
berlangsung, akan ada pemandu wisata atau tour guide yang akan menjelaskan kepada kalian mengenai
destinasi wisata yang akan kalian kunjungi tersebut.
Munculnya wisata virtual ini tidak terlepas dari tren pertemuan secara digital atau melalui webinar,
baik lewat aplikasi zoom, hangout, ataupun google meet. Merek para pebisnis khususnya pada bidang
pariwisata mulai memanfaatkan kegiatan ini untuk menyajikan sebuah wisata yang bisa dilakukan
dengan tur virtual. Untuk virtual ini sendiri ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.
VIRTUAL TOUR
Virtual tour sendiri adalah kegiatan wisata tanpa harus keluar rumah, karena peserta tur bisa jalan-
jalan secara virtual. Kegiatan ini umumnya menggunakan platform zoom dengan pemandu.
Virtual tourism atau turisme virtual ini dapat menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan
berwisata, khususnya dimasa pandemi. Tourisme virtual dapat didefinisikan sebagai pemanfaatan suatu
teknologi untuk memperkuat atau menciptakan pengalaman turisme. Virtual tourisme menjadi sangat
penting agar industri pariwisata dimasa Covid - 19 tetap terus berjalan. Dan tidak hanya itu, dengan
virtual tour para pelaku usaha wisata juga bisa mempromosikan salah satu desa wisata kepada
masyarakat umum. Keunggulan nya dari virtual Tour ini adalah murah dan memiliki jangkauan yang luas.
Salah satu desa yang terkenal yaitu Desa Nglanggeran , Desa ini meraih penghargaan sebagai Desa
Wisata Terbaik Dunia 2021 atau Best Tourism Village 2021 dari Organisasi pariwisata dunia dibawah
perserikatan Bangsa-bangsa atau UNWTO, desa ini sendiri mengalahkan desa-desa terkenal dari
berbagai negara di dunia. Berbagai jenis aktivitas dan wisata dapat kita jumpai, mulai dari wisata
alamnya, wisata situs ekologi, wisata sejarah, wisata budaya, wisata edukasi, dan wisata kuliner nya.
Karena adanya Covid-19 yang menyerang dunia, wisata Desa Nglanggeran ini ditutup untuk
sementara waktu sampai dengan batas waktu yang ditentukan. Dengan keputusan tersebut, membuat
para pengelola objek Desa wisata harus mampu memutar otak dan menciptakan sebuah solusi agar
mereka tetap semangat dalam mempromosikan wisata andalan mereka.
Ada 5 unsur penting dalam sebuah kreativitas digital pariwisata yaitu:
* Discovery
Adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada,
tetapi belum diketahui banyak orang.
* Out Of The Box ( Uniquenes )
Yaitu bisa dikatakan sebagai istilah yang menggambarkan cara berfikir tanpa dibatasi oleh batasan
diri atau bisa disebut dengan cara melatih untuk berfikir diluar dari yang umum.
* Imaginative
Yaitu jenis recount text yang berfungsi menyajikan sebuah cerita imaginatif, Lalu menuliskan
peristiwa atau kejadian tersebut. Industri kreatif digital adalah sebuah industri yang memanfaatkan
teknologi digital dengan sentuhan kreativitas dan inovasi baru para produk dan jasanya.
* Team work
Yaitu keterampilan untuk bisa bekerja sama di dalam sebuah tim adalah salat satu soft sklill yang
harus dimiliki oleh setiap karyawan yang ada pada sebuah perusahaan. Hal ini sangat penting,
mengingat untuk mencapai tujuan utama perusahaan diperlukan kerjasama yang kompak antar tiap
individu. Jadi, hard sklill yang di miliki oleh setiap tim atau karyawan saja tidak cukup untuk mencapai
tujuan utama sebuah perusahaan.
* Timing
Timing sendiri berhubungan dengan waktu, sehingga strategi satu ini yaitu berhubungan dengan
waktu atau timing yang tepat dalam melakukan suatu strategi pemasaran. Perencanaan dan juga waktu
eksekusi yang tepat, akan memberikan benefit atau keuntungan yang besar bagi perusahaan. Maka dari
itu, penting sekali untuk selalu memperhatikan waktu atau timing yang baik , sebelum melaksanakan
strategi pemasaran perusahaan tersebut.
Kesimpulan
Dengan adanya kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berinovasi dalam usaha bisnis
wisata , itu dapat memberikan benefit tersendiri bagi perusahaan anda. Jika usaha wisata anda ingin
terus berkembang maka lakukanlah inovasi dan berkreasi lah sekreatif mungkin agar wisatawan merasa
puas dengan produk wisata yang anda tawarkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H