Mohon tunggu...
Muhamad Nauval Al Amin
Muhamad Nauval Al Amin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FEBI UIN Banten

Menang tak terbang kalah tak jatuh

Selanjutnya

Tutup

Money

Segmentasi dalam Pemasaran

26 Desember 2021   22:33 Diperbarui: 26 Desember 2021   23:02 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Strategi dikatakan baik apabila terbukti mampu mencapai tujuan (sasaran) dengan tepat, efektif serta efisien dalam prosesnya, dan hal ini sudah tergambar pada proses perencanaannya Pada dasarnya strategi dalam pemasaran bertujuan untuk memperoleh  keuntungan setelah memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang menjadi sasarannya. Untuk mencapai tujuannya diperlukan pemahaman dan pendekatan lebih jauh terhadap sasaran atau target yang dituju.

Pembeli atau konsumen sebagai target pemasaran pada umnya  bersifat heterogen atau berbeda-beda satu dengan yang lainnya, baik dalam motif perilaku maupun dalam kebiasaanya yang menunjukan ciri atau sifat pembeli atau konsumen tersebut. Sehingga  dengan adanya perbedaan-perbedaan ini, membuat sulit  suatu perusahaan/produsen untuk melayani seluruh pasar yang ada yang dapat memberikan kepuasan bagi seluruh konsumen. Hal tersebut, membuat perusahaan atau produsen perlu melakukan pemahaman dan pendekatan lebih jauh untuk mampu memenuhi hal-hal yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sebagai target atau sasaran pasar.

Dengan demikian perusahaan atau produsen dituntut harus mampu melakukan segmentasi pasar. Yaitu dengan membagi pasar kedalam beberapa kelompok yang dimana setiap kelompok tersebut memiliki sifat atau ciri-ciri yang berbeda satu sama lain antar kelompok lainnya.

Kemudian, setiap kelompok tersebut dapat dipilih sebagai suatu pasar sasaran. Sehingga membuat produsen dapat lebih efektif dan efisien dalam menggunakan sumber daya dalam memasarkan produk sehingga kegiatan pemasaran lebih terarah dalam melakukan promosi.

Selanjutnya, jika kita sudah melakukan segmentasi pasar tersebut maka kita melakukan langkah selanjutnya yaitu dengan menentukan target pasar (targeting) dan setelah itu, melakukan pemosisian atau positioning terhadap metode pemasaran yang akan kita lakukan. 

Sekian artikel ini saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Untuk selanjutnya, saya harapkan saran dari pembaca agar menjadi evaluasi bagi saya dalam menulis untuk kedepannya.

  • #Sebagai Tugas UAS MK Management Pemasaran Syari'ah dengan Dosen Pengampu Dr.H Syaeful Bahri, S.Ag, MM.

  • #Quote: Menang Tak Terbang Kalah Tak Jatuh

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun