Podcast Sebagai Media Inovasi Pembelajaran Baru Yang Menyenangkan. Media pembelajaran visual juga cocok diterapkan pada proses pembelajaran sejarah karena sudah sesuai dengan kriteria yang sudah dipertimbnagkan oleh para hali, salah satunya adalah media pembelajaran visual harus selaras dan dapat menjadi penunjang bagi tujuan pembelajaran yang sudah diterapkan. Dengan adanya gambar, audio, dan video maka para peserta didik akan fokus terhadap materi yang sedang dijelaskan oleh pendidik. Karena media pembelajaran visual ini bisa menjadi stimulus peserta didik yang sering kehilangan fokus terhadap materi yang disampaikan pendidik.
Media pembelajaran visual juga dinilai cukup menarik dalam proses pembelajaran, karena pada umumnya media visual ini dapat menyajikan gambar dan video yang bisa bergerak, berwarna, dan lain sebagainya sehingga bisa menarik perhatian dan konsentrasi peserta didik. Adapun beberapa aspek yang digunakan untuk pengimplementasian Media Visual dalam pembelajaran Sejarah, seperti:
- Media Visual yang digunakan harus bersifat sederhana
Pada umunya media visual merupakan alat bantu yang digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran, maka dari itu fungsi media visual juga harus bersifat sederhana agar tidak mempersulit pendidik dalam pemakaiannya.
- Menambahkan teks deskripsi singkat yang berisi informasi
Adanya deskipsi yang singkat dan tidak over text akan menambah daya tarik dari media pembelajaran itu sendiri. penambahan teks deskripsi singkat ini biasanya digunakan pada media pembelajaran visual seperti PPT, Mindmapping, dan lain sebagainya.
Menggunakan gambarÂ
- Penggunaan gambar akan lebih membantu dalam proses pembelajaran, karena seorang peerta didik akan lebih mudah untuk berimajinasi tentang apa yang sedang mereka pelajari terlebih dalam pembelajaran sejarah maka peserta didik akan lebih bisa membayangkan tentang peristiwa yang telah terjadi tersebut.Â
Visual yang disajikan dapat terbaca.
- Visual yang disajikan juga harus dapat dimengerti dan dicerna, jika visual yang disajikan mengandung unsur ketidakjelasan, maka fungsi dari media pembelajaran tersebut akan hilang nilainya. Menekankan kejelasan dan ketetapan dalam penggunaan visual. Dalam penggunaan visual juga harus diperhatikan, karena terkadang pembuat media visual tidak menyajikan gambar yang sesuai dengan keselarasan materi yang sedang didiskusikan. jadi itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan media pembelajaran visual. Dalam pembelajaran sejarah media visual juga sangat diperlukan sebagai objek ilustrasi pembelajaran.Â
Pada tahun 2020 Indonesia dilanda wabah pandemi Covid-19, yang dimana wabah ini mempengaruhi semua bidang sektor di Indonesia salah satunya Pendidikan, sistem pembelajaran pada masa Covid-19 menuntut Pendidik untuk meningkatkan penguasaan media digital dalam pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh yang hanya menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran yang tidak dapat dilaksanan ssecara tatap muka langsung karena pada masa itu pemerintah telah menerapkan aturan Social Distancing. Maka dari itu untuk mendukung kebijakan pemerintah proses belajar mengajar di hentikan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh ini merupakan sistem pembelajaran yang untung diterima di masyarakat.
Istilah pembelajaran jarak jauh telah lama dirundingkan dan diterpakan oleh para peserta didik dalam suatu prosoes pembelajaran. Setelah adanya zaman 4.0 tentunya ada zaman 5.0, yang dimana para Peserta Didik harus bisa menggunakan Media Digital pada era ini dengan baik dan benar sehingga pembelajaran bisa menyenangkan, contohnya para Pendidik bisa membuatkan animasi contoh video tentang kesejarahan. Dengan begitu para Peserta Didik tidak menganggap Pembelajaran Sejarah tidak membosankan. Dengan adanya teknologi pada masa ini, tentunya sangat mudah untuk melaksanakan Pembelajara jarak jauh. ada berbagai media pembelajaran yang bisa di gunakan oleh Pendidik, misalnya dengan Inovasi Pembelajara Podcast.