Mohon tunggu...
Meysha Maulida Ibra
Meysha Maulida Ibra Mohon Tunggu... Lainnya - Hallo, Nama Saya Meysha Maulida Ibra. Saya Mahasiswa Universitas Pamulang Jurusan Akuntansi

Hallo! Nama Saya Meysha Maulida Ibra Saya Mahasiswa Universitas Pamulang Jurusan Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Manajemen Strategik Untuk Perusahaan

9 Januari 2022   00:36 Diperbarui: 9 Januari 2022   00:38 1918
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : SeputarIlmu.Com

Saat berdirinya suatu perusahaan, tentu saja telah mempunyai sebuah tujuan yang sudah direncanakan serta sudah disusun sebelumnya. guna mencapai tujuan itu diperlukan suatu perencanaan serta langkah yang wajib dijalani. manajemen strategik ini bisa membantu perusahaan guna mencapai tujuannya.

Manajemen Strategik itu cara atau proses guna memilih tujuan suatu organisasi, menyebarkan kebijakan, serta perencanaan agar mencapai tujuan serta mangalokasikan sumber daya guna mengimplementasikan perencanaannya. Manajemen Strategik itu bisa dikatakan sebagai suatu tahap kemampuan manajerial yang dijalankan dalam organisasi atau perusahaan dengan bermacam fungsi.

Penerapan manajemen strategik dalam perusahaan itu penting. mengapa? Sebab dalam menjalankan suatu perusahaan harus direncanakan secara matang seta benar untuk segala hal yang akan dilakukan. Ini dibuat oleh Top Manajemen atau ketua bidang fungsional lainnya. Perencanaan manajemen ini dibuat dengan mempertimbangkan masukan dari staf hingga karyawan yang ada dilevel yang lebih bawah. Agar semua orang yang ada di perusahaan dapat memberikan kontribusinya untuk perencanaan tersebut. Jadi, perusahaan dapat menganisipasi akan adanya masalah yang bisa saja terjadi di perusahaan tersebut baik dalam lingkungan luar maupun lingkungan dalam perusahaan.

Proses Manajemen Strategik terdiri atas 5 tahap :

1. Analisi Lingkungan ( ekstenal serta internal )

    Bertujuan guna mengidentifikasi peluang yang harus segera menerima perhatian pada saat perusahaan menetukan beberapa kendala. Hal yang dilakukan ialah mengidentikasi beberapa variabel pokok yang bisa mengubah kinerja perusahaan itu.

2. Penetapan Misi serta Tujuan

    Misi perusahaan itu mencerminkan alasan mengapa perusahaan itu berdiri. Karena tak mungkin suatu perusahaan ada tanpa adanya misi yang sudah ditetapkan. Sedangkan tujuan merupakan landasan primer guna menggariskan kebijakan yang dicapai serta arah tindakan guna mencapai tujuan perusahaan itu sendiri.

3. Perumusan Strategik

    Strategi adalah beberapa tindakan yang terintegrasi serta terkoordinasi yang akan diambil yang bertujuan mendayagunakan kompetensi inti dan memperoleh keunggulan bersaing. Perumusan strategi yang dilakukan harus memenuhi  spesifikasi yang telah ditentukan dalam produk, pasar dan pemasarannya, sumber daya organisasi ( keuangan atau non ekonomi ), serta teknologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun