Tidak perlu diragukan kalau produk-produk dari UMKM Indonesia memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Baik di kalangan masyarakat Indonesia maupun warga negara asing. Hal ini karena hasil produk buatan UMKM memiliki nilai estetika yang unik dan berbeda dari produk hasil buatan pabrik atau mesin.Â
Para peserta UMKM pasti sangat berharap kalau produknya bisa menembus pasar internasional supaya dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Namun sayang kebanyakan anggota UMKM masih menjadikan alamat rumah mereka sebagai alamat bisnis, padahal salah satu syarat administrasi sebelum dapat melakukan ekspor adalah memiliki kantor yang terletak di zona bisnis, baik itu bersifat permanen atau memiliki kontrak dengan jangka waktu yang lama.Â
Di daerah Jakarta Selatan sendiri khususnya, harga sewa perkantoran sangatlah bernilai tinggi yang mana akan sangat membebankan anggota UMKM sendiri. Virtual office bisa menjadi pilihan yang memudahkan. Para anggota UMKM tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebihan hingga dapat lebih focus ke produk yang ia produksi itu sendiri.Â
Saran saya untuk para anggota UMKM adalah mencari jasa virtual office yang juga dapat membantu mereka mengurus surat-surat perizinan usaha mereka serta memberikan extra sewa tanpa perlu membayar lebih. Tidak perlu bingung bila ingin mencari kantor virtual dengan kualifikasi tersebut.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H