Mohon tunggu...
Meyliana Putri
Meyliana Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PBSI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Menulis adalah sebuah keberanian~pramodya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Moral Menurut Teori Kohlberg

5 November 2023   23:18 Diperbarui: 5 November 2023   23:23 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan moral adalah perubahan-perubahan perilaku yang terjadi dalam kehidupan anak berkenaan dengan tatacara, kebiasaan, adat, atau standar nilai yang berlaku dalam kelompok sosial

Bagaimana cara mengembangkan moral? Apakah pengaruh orang tua atau masyarakat memainkan peran yang lebih besar dalam perkembangan moral? Apakah semua anak mengembangkan moralitas dengan cara yang sama?

Psikolog Amerika Lawrence Kohlberg mengembangkan salah satu teori paling terkenal yang mengeksplorasi beberapa pertanyaan dasar ini. Karyanya memodifikasi dan memperluas karya Jean Piaget sebelumnya namun lebih berpusat pada penjelasan bagaimana anak mengembangkan penalaran moral.

Kohlberg memperluas teori Piaget dengan menyatakan bahwa perkembangan moral adalah proses berkelanjutan yang terjadi sepanjang masa hidup. Teori Kohlberg menguraikan enam tahap perkembangan moral dalam tiga tingkatan berbeda.

Tahapan Perkembangan Moral

Teori Kohlberg dipecah menjadi tiga tingkatan utama. Pada setiap tingkat perkembangan moral, terdapat dua tahap. Mirip dengan bagaimana Piaget percaya bahwa tidak semua orang mencapai tingkat perkembangan kognitif tertinggi, Kohlberg percaya tidak semua orang maju ke tahap perkembangan moral tertinggi.

Tingkat 1. Moralitas Prakonvensional

Moralitas prakonvensional adalah periode paling awal perkembangan moral. Hal ini berlangsung hingga sekitar usia 9 tahun. Pada usia ini, keputusan anak-anak terutama dibentuk oleh ekspektasi orang dewasa dan konsekuensi dari pelanggaran aturan. Ada dua tahap dalam level ini:

Tahap 1 (Ketaatan dan Hukuman) : Tahap paling awal dari perkembangan moral, ketaatan dan hukuman sangat umum terjadi pada anak kecil, namun orang dewasa juga mampu mengungkapkan jenis penalaran ini. Menurut Kohlberg, orang-orang pada tahap ini memandang peraturan sebagai sesuatu yang tetap dan mutlak. Mematuhi peraturan adalah hal yang penting karena merupakan cara untuk menghindari hukuman.

Tahap 2 (Individualisme dan Pertukaran) : Pada tahap perkembangan moral individualisme dan pertukaran, anak-anak memperhitungkan sudut pandang individu dan menilai tindakan berdasarkan bagaimana mereka melayani kebutuhan individu. Dalam dilema Heinz, anak-anak berpendapat bahwa tindakan terbaik adalah pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan Heinz. Timbal balik mungkin terjadi pada titik ini dalam perkembangan moral, tetapi hanya jika hal itu bermanfaat bagi kepentingannya sendiri.

Tingkat 2. Moralitas Konvensional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun