Mohon tunggu...
Mettasari Soetikno
Mettasari Soetikno Mohon Tunggu... Mahasiswa - Undergraduate Accounting Student in Trisakti School of Management

Hallo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Budaya Menjadi Satu Hal Penting dalam Organisasi, Mengapa?

16 Agustus 2021   22:06 Diperbarui: 16 Agustus 2021   22:23 736
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam suatu organisasi perlu adanya budaya yang dapat menyatukan setiap anggotanya. Budaya memiliki kekuatan dalam meningkatkan kinerja suatu organisasi. Budaya organisasi menjadi pedoman suatu organisasi sehingga membedakannya dengan organisasi lainnya. 

Budaya menjadi norma perilaku dan nilai-nilai yang telah diterima dan dipahami oleh setiap anggota dalam organisasi dan menerapkannya sebagai dasar perilaku yang baik dalam perusahaan.  

Budaya menjadi suatu hal yang sangat penting dalam perusahaan karena budaya membantu organisasi untuk beradaptasi dengan lingkungan luar, serta menyatukan setiap anggotanya agar setiap anggotanya saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain. 

Contohnya suatu perusahaan menerapkan semua anggotanya untuk berpakaian formal setiap harinya, ada juga perusahaan yang membebaskan anggotanya dalam hal berpakaian namu tetap rapih dan sopan. 

Budaya dapat di kelompokkan menjadi 3 level. Visible yang merupakan tingkat paling dasar seperti cara seseorang berpakaian, berperlaku, simbol-simbol, tata kelola organisasi, cermonies. 

Tingkat budaya yang lebih dalam terdapat nilai-nilai dan keyakinan yang diekspresikan, yang dapat dilihat dari bagaimana orang menjelaskan apa yang mereka lakukan, pada tingkat ini lah nilai-nilai yang dipegang oleh anggota organisasi pada tingkat sadar. 

Culture Strength merupakan hal ini mengacu pada tingkat persetujuan di antara anggota mengenai pentingnya nilai-nilai tertentu dan cara melakukan sesuatu. Para anggota dalam suatu perusahaan menguatkan kepercayaan mereka terhadap suatu budaya yang di terapkan. Cara hidup yang berkembang dan di terapkan dalam sekelompok anggota. 

Responsive Cultures dalam hal ini, pemimpin peduli dengan proses dan prosedur organisasi yang membawa perubahan berguna bagi organisasi. Budaya yang sehat mengarahkan perusahaan menyelesaikan perubahan lingkungan luar. The High Performance Culture yang merupakan  perusahaan mampu meningkatkan kinerja atau performa yang berdasarkan pada budaya yang telah diterapkan. 

Budaya tersebut di dasarkan pada misi yang tetap, mewujudkan nilai tanggung jawab bersama dalam membuat keputusan, dan mendorong nilai- nilai budaya dan kepemilikian seseorang. Pemimpin menggunakan beberapa cara atau mekanisme agar nilai-nilai budaya dapat di terapkan dengan baik di setiap karyawan dan perusahaannya. 

Ceremony merupakan suatu kegiatan yang pada dasarnya telah direncanakan, membuat suatu acara khusus untuk kepentingan para hadirin atau tamu (pendatangnya). Acara yang dibuat dengan tatanan, aturan yang tertata bertujuan agar penyelenggaraannya bagus dan rapih sesuai dengan susunan acara yang telah dibuat. 

Ceremony mendorong nilai spesifik, mempererat ikatan diantara karyawan dengan memampukan mereka berbagi pengalaman atau moment.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun