Assalamualaikum wr.wb
Bagaimana kabarnya saudara semua, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Tuhan YME
Alhamdulillah ini adalah tulisan saya yang kedua di kompasiana. Saya menulis di sini dengan tujuan berbagi pengalaman positif yang saya rasakan selama pembelajaran di kelas, semoga bisa bermanfaat untuk semua. Â Aamiin allahumma aamiin.
Berdasarkan judul yang saya cantumkan di atas yaitu mengenai "Penerapan TPaCK Yang Optimal Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik" saya ingin memaparkannya di sini.
Pada abad 21 sekarang ini penerapan TPaCK sangat perlu dikembangkan khusus nya dalam dunia pendidikan. Berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai guru di kelas rendah sekarang, sebelum saya mengikuti perkuliahan PPG saya jarang sekali menggunakan unsur TPaCK dalam pembelajaran karena faktor sarana prasarana, kurangnya ilmu pengetahuan tentang IT dan ada rasa kurang semangat untuk menerapkannnya. Alhamdulillah setelah saya mengikuti perkuliahan PPG ini saya banyak mendapatkan ilmu dan bimbingan dari dosen dan pamong serta rekan rekan mahasiswa , di sini kami diajarkan bagaimana menerapkan unsur TPaCK dalam pembelajaran, misalnya dalam kegiatan awal/pendahuluan pembelajaran, kegiatan inti serta dalam kegiatan penutup dalam pembelajaran. Di sini pada pendahuluan pembelajaran unsur TPaCK yang saya terapkan yaitu memutarkan lagu nasional dengan menggunakan aplikasi youtube dan bantuan proyektor, di sini peserta didik bersemangat untuk bernyanyi bersama dan semangat di awal pembelajaran, pada kegiatan inti unsur TPaCK yang saya terapkan adalah saya membuat sendiri video pembelajaran melalui aplikasi animaker dengan animasi yang saya ilustrasikan sendiri sesuai dengan pembelajaran saya saat itu, kemudian saya juga mengambil video dari youtube, kemudian saya juga menggunakan aplikasi spin wheel untuk membuat quiz melihat apakah peserta didik paham dengan materi yang sudah saya jelaskan, dan terakhir pada kegiatan penutup saya juga memutarkan lagu dari youtube. Dan semua kegiatan pendahuluan , inti dan penutup ini saya kemas dalam aplikasi canva yang juga merupakan penerapan unsur TPaCK dalam pembelajaran. Dengan saya menerapakan semua kegiatan tersebut dalam pembelajaran alhamdulillah peserta didik saya semakin termotivasi untuk mengikuti pembelajaran di kelas dan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik yang terbukti sebagian besar atau sekitar 90% nilai peserta didik di atas KKM .Â
Semoga pengalaman saya ini dapat diambil manfaatnya buat pembaca setia kompasiana. Mohon maaf jika saya ada salah kata.
Wassalamualaikum :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H