Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Punya Teman Tone Deaf Banget, Harus Gimana Ya?

29 Agustus 2024   20:05 Diperbarui: 29 Agustus 2024   20:20 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal diolah dengan AI:Copilot.Microsoft

Pernah nggak sih, kalian merasa frustasi ketika berurusan dengan seseorang yang rasanya kok ya nggak peka sama sekali? Mereka seakan nggak bisa memahami perasaan atau situasi yang sedang kita hadapi, dan malah berkomentar atau bertindak seenaknya. Yap, istilah yang lagi ramai dibahas ini biasa disebut sebagai tone deaf.

Awalnya, saya pikir istilah ini cuma soal masalah musik, tapi ternyata nggak. Orang yang tone deaf adalah mereka yang kurang peka, bahkan sering kali tidak punya empati terhadap kondisi di sekitar mereka.

Beberapa kali saya berada di situasi seperti ini, berhadapan dengan teman atau orang dekat yang sikapnya bikin saya merasa tertekan atau frustrasi. Rasanya seperti ingin menjauh saja, tapi di sisi lain, ada perasaan bahwa saya harus lebih memahami mereka. Dilema banget, kan?

Apa Itu Sebenarnya Tone Deaf?

Jadi, tone deaf itu bukan sekadar istilah untuk mereka yang nggak bisa mendengar nada musik dengan baik. Dalam konteks sosial, ini adalah sebutan bagi orang-orang yang kurang peka terhadap situasi dan perasaan orang lain.

Mereka bisa saja tanpa sadar menyampaikan komentar yang tidak tepat di waktu yang salah, atau bahkan melakukan sesuatu yang bikin kita jadi merasa tidak nyaman.

Tapi, sebelum kita buru-buru menghakimi, penting untuk diingat bahwa setiap orang punya latar belakang berbeda. Mungkin mereka memang tidak bermaksud buruk, atau mungkin ada hal-hal dalam hidup mereka yang membuat mereka menjadi seperti itu.

Pengalaman Berhadapan dengan Orang Tone Deaf

Saya sendiri pernah mengalami hal ini, dan sejujurnya, rasanya melelahkan. Ada teman yang selalu saja mengomentari hal-hal sensitif tanpa berpikir panjang. Di satu sisi, saya ingin menegurnya, tapi di sisi lain, saya juga merasa bingung harus mulai dari mana. Kadang, saya merasa tertekan, bahkan ada keinginan untuk menjauh saja demi menjaga kesehatan mental.

Namun, apakah itu solusinya? Atau, justru dengan memahami mereka, hubungan bisa diperbaiki?

Kiat Menghadapi Teman yang Tone Deaf

  1. Mengenali Batas Diri: Dalam kondisi seperti ini, hal pertama yang saya lakukan adalah mengenali batas diri. Saya nggak mau terjebak dalam rasa frustrasi yang berlarut-larut. Kadang, menjauh sejenak untuk mendapatkan perspektif yang lebih jernih adalah langkah awal yang bisa membantu. Kita nggak perlu merasa bersalah karena butuh waktu untuk diri sendiri. Itu adalah hak kita.
  2. Memilih Waktu yang Tepat untuk Berbicara: Kalau saya memutuskan untuk bicara dengan mereka, saya selalu mencari waktu yang tepat. Jangan pas lagi emosi, itu bisa memperkeruh suasana. Saya biasanya mencari momen yang lebih tenang, di mana kita bisa bicara dengan hati-hati tanpa harus ada nada konfrontasi. Ini penting supaya mereka bisa benar-benar mendengarkan, bukan hanya sekadar defensif.
  3. Gunakan Pendekatan yang Empatik: Saat berbicara, saya selalu mencoba untuk menghindari bahasa yang menghakimi. Misalnya, daripada bilang "Kamu nggak peka sama sekali!", lebih baik saya katakan, "Aku merasa nggak didengar ketika kamu bilang seperti itu." Pendekatan ini membantu mereka melihat dampak dari tindakan mereka tanpa merasa disudutkan.
  4. Bersiap untuk Berbagai Reaksi: Ketika memberi tahu seseorang tentang sikap mereka yang tone deaf, reaksi mereka bisa beragam. Ada yang langsung sadar dan berusaha berubah, tapi ada juga yang malah jadi defensif. Kalau mereka bereaksi dengan defensif, saya mencoba tetap tenang. Saya tahu, perubahan itu butuh waktu, dan tidak semua orang bisa langsung menerima kritik dengan baik.
  5. Menjaga Empati Tapi Tetap Tegas: Kadang, ketika mereka terlalu sering bersikap tone deaf, saya merasa perlu menetapkan batasan. Ini bukan berarti saya nggak peduli, tapi lebih kepada menjaga kesehatan mental saya sendiri. Saya bisa tetap bersikap empatik, tapi juga tegas dalam menjaga diri saya dari dampak negatif yang mungkin mereka timbulkan.

Dilema Antara Menjauh atau Memahami

Situasi ini sering membuat saya dilema. Ada kalanya saya merasa ingin menjauh demi kedamaian diri, tapi di lain waktu, saya sadar bahwa memahami mereka bisa membawa perubahan positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun