Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Metaverse Pilihan

Metaverse Menciptakan Nilai Nyata di Dunia Virtual

26 Juni 2022   09:31 Diperbarui: 26 Juni 2022   09:54 497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Value Creation in the Metaverse  (Source: McKinsey Blog)

Era metaverse telah datang yang menggabungkan kehidupan fisik dan digital dengan mulus. Ada banyak hal: platform game, tempat ritel virtual, alat pelatihan, saluran periklanan, ruang kelas digital, pintu gerbang ke pengalaman virtual yang sama sekali baru. 

Sampai saat ini, definisi metaverse belum baku, tetapi potensinya untuk melepaskan gelombang gangguan digital berikutnya jelas. 

Dalam lima bulan pertama tahun 2022 saja, lebih dari $120 miliar telah diinvestasikan untuk membangun teknologi dan infrastruktur metaverse. Artinya, lebih dua kali lipat dari $57 miliar yang diinvestasikan di seluruh tahun 2021.

McKinsey telah menggali lebih dalam potensi metaverse dengan mensurvei lebih dari 3.400 konsumen dan 450 pemimpin senior secara global dalam laporan terbarunya, "Value Creation in the Metaverse," yang diluncurkan minggu ini di VivaTech di Paris. 

Laporan ini bertujuan untuk lebih memahami nilai metaverse, seberapa luas adopsi, di mana daya tarik terbesar mungkin terjadi, dan apa yang dapat dilakukan bisnis sekarang untuk menangkap nilai.

Hal yang menarik adalah bahwa metaverse, seperti internet, adalah platform berikutnya di mana kita dapat bekerja, hidup, terhubung, dan berkolaborasi. 

Metaverse akan menjadi lingkungan virtual imersif yang menghubungkan berbagai dunia dan komunitas. Akan ada pencipta dan mata uang alternatif yang dapat digunakan untuk membeli dan menjual barang. Metaverse akan memiliki banyak komponen Web3 dan game dan AR, tetapi akan jauh lebih besar.

Pada dasarnya, metaverse terdiri dari perasaan mendalam, interaktivitas waktu nyata, dan agensi pengguna. Konsumen dan perusahaan bereksperimen dengan metaverse awal untuk segala hal mulai dari bersosialisasi hingga kebugaran, perdagangan, pembelajaran virtual, dan aktivitas harian lainnya. Seperti teknologi apa pun, metaverse pada dasarnya tidak baik atau buruk, melainkan akan menjadi apa yang kita buat, dan kita dapat belajar dari era sebelumnya dari perubahan teknologi yang dramatis.

Mengapa tiba-tiba metaverse terasa seperti menjadi sorotan?

Metaverse masih awal dan baru dan itu berarti ada banyak kebebasan kreatif dalam perkembangannya. Namun demikian, ada juga banyak skeptisisme dan tantangan seperti privasi data dan keamanan siber yang perlu ditangani. Secara praktis, memiliki serangkaian kasus penggunaan yang sangat beragam di seluruh industri. Kompleksitas dan kegembiraan teknologi yang menopang metaverse adalah seluruh sumber pembaruan untuk inovasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun