Perusahaan teknologi hijau (green tech) dan teknologi iklim (climate technology) dengan cepat mengubah lanskap persaingan. Sustainability (keberlanjutan) menjadi keharusan bisnis saat ini. Â Pemain lama harus bergerak cepat dalam menggunakan strategi bisnis hijau (green business), jika tidak ingin berisiko tertinggal.
Strategi bisnis hijau mengacu pada kecenderungan untuk mengintegrasikan isu-isu lingkungan dalam strategi bisnis, di seluruh fungsi sub-bisnis seperti manufaktur, rantai pasokan, keuangan, sumber daya manusia dan pemasaran di pasar internasional (Banerjee, 2002).
Keberlanjutan telah menjadi keharusan bagi sebuah perusahaan dalam menjalan strategi bisnis hijau yang akan berdampak signifikan pada planet bumi. Satu dekade yang lalu, mengurangi dampak lingkungan hanyalah sebuah "kesenangan untuk dimiliki" bagi organisasi.Â
Saat ini, para eksekutif perusahaan menghadapi tekanan yang terus meningkat dari karyawan, pelanggan, dan investor untuk bertindak tegas dalam masalah lingkungan. Menjaga lingkungan menjadi kebutuhan, serta peluang bisnis yang nyata dan besar saat ini.
Namun demikian, masih banyak pemain lama yang tertinggal, mungkin karena mereka  tidak menyadari ledakan teknologi iklim atau tidak peduli mengenai masalah lingkungan.Â
Di seluruh belahan dunia dan di semua sektor, perusahaan teknologi iklim yang baru muncul mengubah permainan dalam hal bagaimana organisasi dapat dan harus mendekati keberlanjutan. Mereka semakin didanai dengan baik, dan mereka bergerak dengan cepat dan berani.
Kajian McKinsey menemukan pola berikut ini sebelumnya, terutama di bidang disrupsi digital. Penghargaan sering kali mengalir secara tidak proporsional kepada penggerak pertama atau, setidaknya, kepada perusahaan yang berada di garis depan dalam mengatasi ancaman yang mengganggu.
Apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan mapan dalam mengatasi masalah tersebut? Mereka dapat memahami apa yang membuat pengganggu berbeda, meletakkan dasar untuk mengambil tindakan, dan memprioritaskan empat imperatif:
- menetapkan "Misi Utama" dalam visi keberlanjutan yang berani yang membedakan mereka;
- melipatgandakan talent dan budaya perusahaan;
- melenturkan model operasi dengan pemimpin sebagai role model yang memberikan teladan pola pikir eksperimental yang berani;
- mengambil pendekatan gesit (agility) terhadap modal risiko, mengetahui komersialisasi produk dan layanan tidak akan terjadi dalam semalam.
Pemain lama memiliki banyak keunggulan dibandingkan pengganggu, mulai dari akses ke modal hingga pengetahuan kelembagaan yang mendalam. Meskipun mungkin sulit bagi petahana untuk menerapkan pedoman dunia start-up, tetapi kemungkinan itu tetap ada. Dengan mempelajari apa yang membuat pesaing baru mereka tergerak, mereka dapat belajar bagaimana menjadi lebih cepat, bersaing lebih efektif, dan menang.
Untuk membuka kunci pertumbuhan masa depan, sebuah organisasi perusahaan harus mau berubah dan beradaptasi. Kita bisa mempelajari hal tersebut dari apa yang dilakukan Erez Galonska bersaudara dalam membangun Infarm, sebuah perusahaan pertanian yang memanfaatkan tempat yang terbatas dengan teknologi untuk menghasilkan makanan secara mandiri.