Mohon tunggu...
Ledawarni Merici Satepu
Ledawarni Merici Satepu Mohon Tunggu... Koki - MAHASISWI PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, Jurusan Perhotelan 2019

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tata Cara Melakukan Message Service di Front Office

15 Februari 2022   22:24 Diperbarui: 15 Februari 2022   22:57 1659
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo sobat baca! Saya Ledawarni Merici Satepu, dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan saya penerima beasiswa bidikmisi. Nah, kali ini saya ingin menjelaskan tentang Front Office yakni tentang bagaimana melakukan message service di Front Office. Nah, berikut penjelasannya..

Message Service

 Message service yaitu kegiatan melayani tamu yang ingin meninggalkan pesan kepada tamu, staff, ataupun hal-hal lainnya. Cara menuliskan pesan tamu dapat dilakukan secara manual maupun komputerisasi. Bila komputerisasi, pada saat pesan dimasukkan ke dalam komputer dan diprint, maka otomatis lampu kecil yang terdapat pada telepon di kamar tamu yang bersangkutan akan menyala berwarna merah.

Adapun urutan pengisian form message service sebagai berikut :

       1. To : nama tamu yang dituju/diberikan pesan.

       2. Room : nomor kamar tamu.

       3. Date  :Tanggal pesan dibuat.

       4. Time : Waktu pesan dibuat.

      5. Mr/Mrs/Miss : nama tamu yang meninggalkan pesan.

      6. From : nama perusahaan/alamat pemberi pesan.

      7. Phone : nomor telepon pemberi pesan.

alamy.com
alamy.com

Berikut beberapa jenis pesan yang harus ditulis di form :

       1.  Called by phone : Menelpon 

       2. Came to see you : Datang untuk menemui

       3. Wants to see you : Ingin menemui

      4. Please call : diminta untuk menelpon kembali

      5.  Will return Akan datang kembali

      6.  Urgent : Penting/ mendesak

      7. Message : Pesan yang ditinggalkan

      8. Received by : Petugas yang menerima pesan


Berikut contoh form message service

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun