Mohon tunggu...
Ledawarni Merici Satepu
Ledawarni Merici Satepu Mohon Tunggu... Koki - MAHASISWI PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, Jurusan Perhotelan 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Definisi Singkat Marketing Plan

8 November 2021   07:53 Diperbarui: 8 November 2021   07:57 412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
publicdomainpictures.net

Halo sobat baca! Saya Ledawarni Merici Satepu, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya ingin berbagi tentang  Definisi Singkat Tentang Maketing Plan. Nah, buat sobat baca yang sedang belajar daring bisa banget dibaca :)

Marketing Plan adalah sebuah rencana pemasaran yang terdiri dari analisis lingkungan, penentuan tujuan dan sasaran, penetapan strategi dan penjabaran tindakan dalam periode tertentu untuk mencapai tujuan.

Tujuan Marketing Plan :  membuat strategi-strategi marketing selara dengan visi dan misi perusahaan. Dengan rencanan pemasaran, strategi-strategi marketing dapat tersusun dengan baik, jelas tahapannya dan menunjukkan arah untuk pencapaian target.

Manfaat Marketing Plan :

  • Memudahkan penyusunan startegi.
  • Memberikan arahan yang jelas dalam penerapan strategi.
  • Menghindari ketidakjelasan di mata mendatang.
  • Inti kegitatan marketing plan :
  • Analisis situasi lingkungan, pasar dan peluang.
  • Mengambangkan sasaran pemasaran.
  • Menentukan sasaran dan target.
  • Menetapkan strategi pemasaran
  • Menciptakan dan menyusun taktik atau tindakan.

commons.wikimedia.org               
            googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
commons.wikimedia.org googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});

Jenis produk : 

  • Barang konsumsi ( covinience goods, shopping good, speciality good, instance good, bulk goods)
  • Barang hasil bumi
  • Barang industry

Sales marketing adalah department yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaraan seluruh produk hotel, salah satu department yang sangat penting karena merupakan penyumbang revenue terbesar, merupakan pilar penting yang ada di hotel.

seobility.net
seobility.net

Promotion & Media plan 

  • Jenis promosi sesuia dengan brand perusahaan dan target market.
  • Online marketing, bisa menggunakan social media seperti instagram dan tiktok dalan melakukan pemasaran.
  • Tentukan yang paling menguntungkan untuk perusahaan.

Budgeting (Anggaran)

  • Tahapan budget yang sesuai, proposional agar proses eksekusi dan pelaksanaan dapat berjalan dengan alancar.
  • Menentukan budget sebelum memulai sesuatu sangat penting, agar hasil akhir yang diterima sesuai dengan ekspetasi dan harapan.


Selamat Membacaa.....


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun