Mohon tunggu...
Ledawarni Merici Satepu
Ledawarni Merici Satepu Mohon Tunggu... MAHASISWI PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, Jurusan Perhotelan 2019

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sequence Of Service

19 Juli 2021   14:47 Diperbarui: 7 Januari 2022   10:25 1582
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Halo sobat baca! Saya Ledawarni Merici Satepu, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya berbagi Pengetahuan Tentang Tahapan - Tahapan dalam melakukan pelayan di restoran, yakni Sequence of Service

Selamat Membaca!

Sequence of service adalah tata urutan dalam melayani tamu, dimana dari tamu datang sampai meninggalkan restoran.

Staff In Charge of F&B Service :

  • Captain               : bertanggung jawab menghandle semua kegiatan restoran dari awal restoran buka hingga restoran tutup.

  • Vice Captain    : bertugas sebagai asisten/wakil kapten saat bekerja serta membantu menghandle semua kegiatan restoran juga.
  • Greeter              : bertugas dalam menyambut tamu paling pertama di depan pintu masuk restoran, serta menanyakan apakah  tamu sudah membuat reservasi atau belum.
  • Waitress/Waiter   : bertugas melayani makan dan minuman tamu dari penyajian hidangan appetizer hingga dessert.
  • Food Runner    : sebagai perantara antara staff kitchen dengan waitress/waiter, dimana bertugas memberikan orderan tamu dari waiter ke staff kitchen dan juga sebaliknya jika orderan tamu selesai food runner juga mengantarkan hidangan kepada waiter agar diberikan ke tamu.
  • Coffee & Tea   : bagian yang bertugas dalam pembuatan the dan kopi atau dengan kata lain sebagai barista.
  • Bartender         : Bagian yang bertugas dalam pembuatan minuman alcohol dan non alcohol ( cocktail & Mocktail )
  • Steward             : bagian yang bertugas dalam membersihkan semua peralatan makan dan minuman dalam restoran baik itu kitchen, bar, banquet. Dimana aktivitas steward meliputi washing, cleaning dan polishing, set up & clear up.
  • Cashier               : seseorang yang bertugas untuk menerima pembayaran dari tamu restoran.

Tahapan - Tahapan Sequence of Service

1. Welcome the Guest

Dimana greeter menyapa tamu serta mengucapkan " Selamat Datang " dengan melakukan kontak mata serta jangan lupa memberikan senyuma ramah dengan sedikit membungkukkan badan, agar memberikan kesan penghormatan.Tak lupa bertanya kepada tamu apakah sudah membuat reservasi atau belum.Lalu antarkan tamu ke meja sesuai dengan pesanan/reservasi tamu.

2. Sitting The Guest

Dimana greeter mempersilahkankan tamu duduk, diutamakan tamu wanita dipersilahkankan duduk dulu tapi diperhatikan juga untuk tamu yang lebih tua. Kemudian beritahu jumlah tamu kepada waiter.

3.  Introducing

Dimana greeter memperkenalkan waiter kepada tamu agar jika tamu memerlukan sesuatu dapat memanggil waiter tersebut.

4.  Laying Napkin

Adapun hal pertama yang dilakukan waiter/waitress yakni membuka lipatan napkin guest lalu meletakkannya di panggkuan tamu dari samping kanan tamu dan jangan lupa selalu mengucapkan kata "Excuse me, Sir/Madam".

5.  Pouring Ice/Hot Water

Waiter menawarkan air es atau air hangat untuk tamu.          

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun