Mohon tunggu...
Merscy Avelline
Merscy Avelline Mohon Tunggu... Lainnya - belum ada jabatan

hobi menonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengikuti Geladi Hominisasi

10 Desember 2022   11:27 Diperbarui: 10 Desember 2022   11:37 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya disini akan sedikit bercerita mengenai pengalaman saya mengikuti geladi Hominisasi 9. Awal sebelum dimulainya geladi, saya diberi tugas pra-geladi, tentang memilih syair lagu Indonesia Raya yang menarik bagi saya dan menyimak film dokumenter singkat dengan tema ketahanan pangan, budaya & lingkungan. Sebagai anak muda tindakan kecil yang bisa dilakukan untuk mempertahankan tradisi/budaya, lingkungan, ketahanan pangan adalah saling menghargai satu sama lain dan menjaga kelestarian lingkungan Indonesia. Saya menyelesaikan tugas pra-geladi dengan tepat waktu. Setelah menyelesaikan tugas pra-geladi, saya mengikuti zoom geladi Hominisasi yang dimulai pukul 07.30 hingga 13.30. 

Sebelumnya saya belum pernah mengikuti geladi Hominisasi seperti ini, saat itu pertama kali nya saya mengikuti geladi Hominisasi. Melihat teman-teman dari jurusan dan fakultas yang berbeda, senang karena bisa berkenalan secara online dengan teman-teman sekelompok geladi saya. Ada yang dari jurusan matematika, hukum, teknik kimia, teknik industri, dan arsitektur. Selama geladi berlangsung diwajibkan untuk on camera. Terkadang masalah jaringan membuat saya kesal. Acara geladi diawali dengan menyayikan lagu Inonesia Raya. Medengarkan Pak Batu memberi penjelasan dapat menambah pengetahuan saya. 

Setelah mengikuti geladi Hominisasi, diperlukannya berpikir menggunakan logika dan berbahasa yang baik karena sebagai manusia yang berakal budi sebelum melakukan dan mengucapkan sesuatu hendaknya berpikir dahulu, gunakan logika saat berpikir dan sebagai warga negara Indonesia hendaknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan bangga memiliki bahasa persatuan dan menyatukan seluruh warga bangsa Indonesia. 

Dengan mengikuti geladi Hominisasi sangat bermanfaat bagi saya karena selain menambah wawasan dan pengetahuan, mengikuti geladi Hominisasi juga menambah teman untuk saya. Secara singkat, setelah mengikuti geladi Hominisasi ini, saya akan menerapkannya selama perjalanan kuliah saya di Universitas Katolik Parahyangan untuk berpikir dengan logika dan berbahasa yang baik dengan siapapun. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun