Mohon tunggu...
Merri Putri
Merri Putri Mohon Tunggu... Guru - Sebagai mahasiswa

Hobi bermain badminton

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Iklan dan Perilaku Konsumsi

6 Januari 2025   05:09 Diperbarui: 6 Januari 2025   05:09 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Iklan dan Perilaku Konsumsi

Apakah kalian tahu iklan?

Nah di sini saya ingin menjelaskan tentang iklan dan perilaku konsumsi.

klan adalah sebuah informasi yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang atau jasa. Biasanya, iklan disampaikan melalui media massa seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.

Nah, sebelum iklan ditayangkan atau dipublikasikan, kita harus membuat teks tertulisnya terlebih dahulu nah, yang berguna sebagai naskah panduan. Naskah panduan ini harus dibuat sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan iklan supaya iklan yang dihasilkan bisa dipahami oleh khalayak.

Menurut Kotler dan Armstrong (2017:452) iklan adalah segala bentuk presentasi non personal dan promosi ide, barang, atau jasa yang berbayar.

Menurut Andrews dan Shimp (2018:182) iklan adalah suatu bentuk komunikasi berbayar dan termediasi dari sumber yang dapat diidentifikasi, yang dirancang untuk membujuk penerima agar mengambil beberapa tindakan, sekarang atau di masa depan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas maka dapat  disimpulkan bahwa iklan adalah bentuk komunikasi non personal untuk mempromosikan suatu produk atau jasa agar menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian.

Gaya hidup seseorang sering kali dipengaruhi oleh iklan yang mereka lihat. Iklan dapat menciptakan aspirasi atau norma sosial yang diadopsi oleh konsumen. Misalnya, iklan produk kecantikan yang menampilkan model dengan standar kecantikan tertentu dapat mempengaruhi cara pandang individu terhadap penampilan dan kesehatan.

Perilaku konsumsi merujuk pada cara individu atau kelompok memilih, menggunakan, dan membuang barang dan jasa. Iklan berperan penting dalam proses ini dengan memberikan informasi dan menciptakan keinginan. Misalnya, iklan makanan cepat saji tidak hanya menawarkan produk tetapi juga menggambarkan gaya hidup yang cepat dan praktis, mendorong konsumen untuk mengadopsi pola makan yang sesuai dengan citra tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun