Iklan dan Perilaku Konsumsi
Apakah kalian tahu iklan?
Nah di sini saya ingin menjelaskan tentang iklan dan perilaku konsumsi.
klan adalah sebuah informasi yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang atau jasa. Biasanya, iklan disampaikan melalui media massa seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.
Nah, sebelum iklan ditayangkan atau dipublikasikan, kita harus membuat teks tertulisnya terlebih dahulu nah, yang berguna sebagai naskah panduan. Naskah panduan ini harus dibuat sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan iklan supaya iklan yang dihasilkan bisa dipahami oleh khalayak.
Menurut Kotler dan Armstrong (2017:452) iklan adalah segala bentuk presentasi non personal dan promosi ide, barang, atau jasa yang berbayar.
Menurut Andrews dan Shimp (2018:182) iklan adalah suatu bentuk komunikasi berbayar dan termediasi dari sumber yang dapat diidentifikasi, yang dirancang untuk membujuk penerima agar mengambil beberapa tindakan, sekarang atau di masa depan.
Berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas maka dapat  disimpulkan bahwa iklan adalah bentuk komunikasi non personal untuk mempromosikan suatu produk atau jasa agar menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian.
Gaya hidup seseorang sering kali dipengaruhi oleh iklan yang mereka lihat. Iklan dapat menciptakan aspirasi atau norma sosial yang diadopsi oleh konsumen. Misalnya, iklan produk kecantikan yang menampilkan model dengan standar kecantikan tertentu dapat mempengaruhi cara pandang individu terhadap penampilan dan kesehatan.
Perilaku konsumsi merujuk pada cara individu atau kelompok memilih, menggunakan, dan membuang barang dan jasa. Iklan berperan penting dalam proses ini dengan memberikan informasi dan menciptakan keinginan. Misalnya, iklan makanan cepat saji tidak hanya menawarkan produk tetapi juga menggambarkan gaya hidup yang cepat dan praktis, mendorong konsumen untuk mengadopsi pola makan yang sesuai dengan citra tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H