Mohon tunggu...
MERIANTI ANITA SELAN
MERIANTI ANITA SELAN Mohon Tunggu... Guru - Guru

Merianti Anita Selan : Penyuka segala jenis kopi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Minggu ke-23

22 Juli 2022   23:25 Diperbarui: 22 Juli 2022   23:28 550
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Minggu ke -- 23

Pengelolaan program yang berpihak pada murid

Minggu ini adalah minggu ke dua puluh tiga pendidikan guru penggerak . Menulis jurnal refleksi merupakan metode yang digunakan dalam pembelajaran ini dengan tujuan agar CGP mampu merefleksikan diri mengenai apa yang dipelajari, baik hambatan yang dialami dan harapan dari CGP sendiri mengenai apa yang ingin dilakukan dengan pemahaman yang sudah diperoleh selama pembelajaran satu minggu ini.

Conection

Minggu sudah masuk dalam bagian eksplorasi konsep dan unggah tugas pengelolaan program yang berpihak pada murid dalam langkah awal eksplorasi konsep, kegiatan dimulai dengan sebuah pemahaman yang berdasar pada filosofi KHD bahwa Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat). 

Konsep inilah yang mengahantarkan saya pada satu pemikiran awal bahwa sesungguhnya pengajaran dan pendidikan harus benar-benar memerdekakan siswa oleh karena itu langkah awal dari semua program yang perlu diperhatikan adalah hal keberpihakan pada murid. Ruang diskusi  merupakan sarana untuk saling memberi dan menerima konsep dalam memahami  materi pengelolaan program yang berpihak pada murid. 

Bahwa dalam  merancang sebuah program kegiatan pembelajaran di sekolah penting adanya pertimbangan bahwa program tersebut dapat mengakomodir voice, choice dan ownership murid dengan mendorong munculnya raca percaya diri dan kemandirian siswa.

Chalenge

Selama mengikuti pembelajaran mengenai pengelolaan program yang berpihak pada murid ada pemehaman baru yang saya dapatkan bahwa dalam menyusun pdan merencakan program kegiatan di sekolah saya belum mengikuti langkah-langkah seharusnya yakni :

  • Menganalisis aset apa yang dapat dimanfaatkan dalam perencanaan program
  • Merencanakan program yang berdampak pada murid dengan tahapan BAGJA
  • Menerapkan menejeman resiko dan monitoring serta evaluasi program

Sehingga melalui pembahasan materi ini saya mendapatkan pemahaman yang baru bahwa aset sekolah menjadi bagian penting dalam perencanaan dan penyusunan program yang berpihak pada murid.

Concept

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun