Mohon tunggu...
Maria Yasinta Deme
Maria Yasinta Deme Mohon Tunggu... Dosen - accounting lecturer

Hobby Menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Menjelajahi Dunia Tinta: Pengalaman Pertama Menjadi Penulis Pemula di Kompasiana

20 Juni 2024   06:48 Diperbarui: 20 Juni 2024   07:01 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Jari-jariku gemetar saat menekan tombol "Terbitkan" untuk pertama kalinya di Kompasiana. Rasanya seperti melangkah ke dunia baru, penuh dengan petualangan dan kemungkinan yang tak terduga. Sebagai penulis pemula, hatiku dipenuhi rasa gugup dan antusiasme yang bercampur aduk.

Awal mula perjalananku di Kompasiana berawal dari kecintaanku pada dunia tulis menulis. Sejak kecil, aku selalu senang menuangkan ide dan pikiranku ke dalam bentuk tulisan. Blog pribadiku menjadi wadah bagiku untuk berekspresi dan berbagi cerita. Namun, aku ingin menjangkau lebih banyak pembaca dan terhubung dengan komunitas penulis yang lebih luas.

Kompasiana, platform blog ternama di Indonesia, menjadi pilihanku. Di sini, aku menemukan ruang untuk menuangkan ide dan gagasanku tanpa batasan. Beragam topik bisa dibahas, mulai dari pengalaman pribadi, isu sosial, hingga ulasan buku. Komunitas Kompasiana yang ramah dan suportif juga menjadi daya tarik tersendiri.

Pengalaman pertamaku menulis di Kompasiana tidaklah mulus. Aku masih terpaku pada tata bahasa dan struktur kalimat yang baku. Topik-topik yang kubahas pun terkesan biasa-biasa saja, tidak berani keluar dari zona nyaman. Rasanya artikelku tenggelam di antara lautan konten berkualitas tinggi yang dihasilkan oleh para penulis berpengalaman.

Namun, aku tidak patah semangat. Aku terus belajar dan berlatih. Aku mengikuti kelas menulis online, membaca buku-buku tentang teknik menulis yang baik, dan aktif terlibat dalam diskusi di forum Kompasiana. Aku juga rajin membaca artikel-artikel populer di Kompasiana, mempelajari gaya penulisan dan strategi mereka untuk menarik pembaca.

Seiring waktu, kemampuanku dalam menulis semakin berkembang. Artikel-artikelku mulai mendapatkan perhatian dari pembaca. Aku pun semakin berani mengeksplorasi berbagai topik yang menarik dan menantang. Komentar-komentar positif dari pembaca menjadi suntikan semangat bagiku untuk terus berkarya.

Menjadi penulis pemula di Kompasiana bukanlah hal yang mudah. Diperlukan dedikasi, ketekunan, dan semangat belajar yang tinggi. Namun, semua itu terbayarkan dengan rasa bahagia dan puas saat karyaku diapresiasi oleh pembaca. Kompasiana telah membantuku untuk tumbuh dan berkembang sebagai seorang penulis.

Di sini, aku menemukan bukan hanya platform untuk menulis, tetapi juga komunitas yang suportif dan penuh inspirasi. Aku belajar banyak hal tentang dunia kepenulisan, dan aku pun mendapatkan banyak teman baru yang memiliki passion yang sama.

Perjalananku di Kompasiana masih panjang. Aku masih ingin terus belajar dan berkembang, dan aku ingin terus berkarya untuk menginspirasi dan menghibur pembaca. Kompasiana telah menjadi rumah kedua bagiku, dan aku bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk menjadi bagian dari komunitas yang luar biasa ini.

Tips untuk Penulis Pemula di Kompasiana:

Konsisten: Teruslah menulis dan berlatih secara konsisten. Semakin sering kamu menulis, semakin baik pula kemampuanmu.
Berani: Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba topik-topik baru yang menarik bagimu.
Belajar: Teruslah belajar dan ikuti perkembangan dunia kepenulisan. Ada banyak sumber daya yang tersedia, baik online maupun offline.
Bergabung dengan komunitas: Bergabunglah dengan komunitas penulis online atau offline untuk mendapatkan dukungan dan motivasi.
Bersikaplah terbuka: Terima kritik dan saran dengan lapang dada. Gunakan masukan tersebut untuk meningkatkan kualitas tulisanmu.
Pesan untuk Diri Sendiri:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun