Mohon tunggu...
Puput ardita
Puput ardita Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

haloo semuaa nama saya puput ardita biasa dipanggil puput saya adalah mahasiswa di salah satu universitas islam yg berada di kendari yaitu IAIN Kendari atau institution religion islamic Negeri Kendari,dengan mengambil jurusan perbankan syariah sy hobi nyanyi,menulis entah itu puisi,cerpen,majalah dll

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Seputar Zakat di Desaku

9 Juni 2023   13:04 Diperbarui: 9 Juni 2023   13:07 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Di waktu subuh yg sejuk aku di bangunkan dengan suara adzan yg berkumandang...
Ketika aku sudah tersadar akupun mengucek mataku lalu bangun dengan bergegas mengarah ke wc untuk cuci muka lalu berwudhu
 Setelah selesai berwudhu akupun bergegas ke mesjid untuk menunaikan solat subuh bersama dengan teman" ku didesa
Kamipun berjalan kaki menuju masjid karna jarakanya tidak jauh dengan rumahku,setelah sampai di masjid iqomah pun dikumandangkan
lalu kami pun merapikan saf perempuan karena kebetulan yg solat lumayan banyak
Setelah solat subuh,aku dan teman" ku tidak langsung pulang ke rumah masing-masing namun kami masi punya pekerjaan yaitu menanyakan seputar mekanisme zakat yang ada di desa puuwulo ini,karena melihat ada beberapa masyarakat yang datang untuk menyetor zakat nya pada pa imam desa kami yaitu pak mustari,kamipun menghampiri beberapa aparat desa yang sedang duduk bersama pa imam yg sedang melayani orang menyetor zakatnya
"Assalamualaikum pak"ucap aku dan teman ku bersamaan
"Iya waalaikumsalam" jawab beberapa aparat desa itu
"Iya ada apa"
"Umm begini pak saya ingin menanyakan atau mewawancarai bapak tentang bagaimana mekanisme zakat yang ada di desa ini"tutur aku dengan senyum
"Owhh iya bisa-bisa"jawab salah satu aparat desa yang bernama bapak amrin
"Iya pak jadi untuk di desa ini itu bagaimana ya pak mekanisme zakatnya mulai dari pengumpulannnya ataupun distribusinya"
Aku bertanya kepada salah satu aparat desa yaitu bapak amrin beliau juga mengetahui mekanisme zakat di desa ini karena beliau salah satu aparat desa yg sering jga membantu dalam mengumpulan dana zakat di desa kami dan beliau jga perna menjadi imam desa kami
"Baik kalau untuk di desa puuwulo untuk yg wajib zakat semua masyarakat di wajibkan berzakat sekitar ada 200 kepala keluarga dimana ada yg terdiri dari 5 org atau 7 orang kalau untuk yg wajib menerima zakat 60 orang terdiri dari janda anak yatim maupun fakir miskin,untuk yg bagikan zakat itu aparat desa dan dibagikan 3 hari sebelum lebaran. Untuk yg berzakat uang 35 per org kalau untuk beras 3,5 liter per org.
Setelah selesai mewawancarai salah satu aparat desa aku dan tmn ku bergegas pulang karena masi ada aktifitas di rumah yg harus di kerjakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun