Mohon tunggu...
sari widiarti
sari widiarti Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

mari menulis

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Campina dan Kepedulian terhadap Konsumen

17 Agustus 2018   11:07 Diperbarui: 17 Agustus 2018   11:23 498
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
campina factory|Dokumentasi pribadi

Siapa yang masa anak -- anaknya senang sekali dengan es krim? Pilihan rasa yang banyak dan dinginnya yang nyesss di mulut, nggak heran kalau jadi favorite di kalangan anak -- anak. 

Dulu masih teringat, kalau nilai rapor bagus bakalan diberikan es krim, motivasi yang beneran bikin semangat belajar. Maklum, es krim yang diberikan merupakan es krim yang dijual di toko -- toko, bukan es krim keliling. Padahal doyan semua es krim yang di toko maupun yang dijual keliling.

Perkembangan es krim saat ini, nggak hanya untuk segmen anak -- anak, ada pula es krim yang memberikan kenikmatan yang mewah untuk orang dewasa, kemasan dan harganya tentu saja berbeda. 

Es krim nggak hanya sekedar cemilan, melainkan sebagai pelengkap me time, ataupun pemberi kepuasan untuk pencari rasa yang unik dan belum pernah ditemui sebelumnya.

Udah tahu belum kalau ada es krim yang asli produksi Indonesia, lebih tepatnya di Surabaya. Berkesempatan untuk factory visit bersama teman -- teman kompasiana. Lebih dekat untuk lihat, bagaimana sih proses produksi es krim, etos kerja karyawan dan masih banyak lagi.

Campina memiliki banyak sekali produk es krim, dan bisa diklasifikasikan mulai dari target untuk anak -- anak, remaja, dewasa, take home dan bulk (literan). Seperti yang bisa dilihat merek es krim happy cow yang memiliki identik sapi yang lucu, rasa susunya membuat es krim ini menjadi favorite. 

Dan banyak juga yang mengganti asupan susu dengan es krim ini, tapi sesuai dengan anjuran dokter ya. Yang nggak susu, ingin yang seger -- seger, bisa coba fantasy lobu, atau pengin es krim yang berkarakter? Bisa juga pilih es krim spongebob.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Untuk memperkuat pasar, Campina bekerjasama dengan brand besar dari luar, seperti Nickelodeon dan Marvell. Nggak sembarangan yang bisa menggandeng dengan brand tersebut, karena syaratnya sangat ketat, campina di audit, apakah upah pekerja sesuai, jam kerjanya sesuai peraturan atau tidak, dan masih banyak lagi. selamat! Akhirnya campina dipercaya sebagai partner Nickelodeon dan Marvell.

Saat kunjungan pabrik, melihat begitu ketatnya quality control, meskipun masih padat karya, menurutku sih seimbang antara peran mesin dan karyawan. 

Dapat bisik-bisik dari mbak yang mengantar perjalanan factory visit, katanya susah banget loh masuk untuk kerja di Campina, wuiiiihhh.. apalagi jadi pegawai tetapnya. Dan ada aturan, tidak boleh menikah sesama pegawai.

Lanjut lagi tetang produksi campina, jika ada event tertentu, seperti valentine, jumlah produksi es krim  heart diperbanyak. Distribusi nggak hanya di pulau jawa, tapi juga dari sabang sampai merauke. Dan ada tim sendiri jika pengiriman es krim ke luar pulau mengalami gangguan, seperti kecelekaan, cuaca yang buruk. Siap siaga demi kepuasan pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun