"Wajah Baru" dari portal berita Indonesia.go.id resmi diluncurkan oleh bapak Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama jajaran Staff Kepresidenan RI dan pengurus, tepatnya pada hari Senin, 10 Desember 2018.
Indonesia.go.id yang sudah ada sebelumnya, juga sudah banyak menarik banyak pembaca, baik didalam negeri maupun diluar negeri. Oleh karenanya, Â Kementrian Komunikasi dan Informatika ingin lebih memperluas jangkauan berita seputar Indonesia secara lengkap dan akurat.
Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang sebenar-benarnya, transfaransi, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat domestik maupun mancanegara. Terutama tentang keunggulan keanekaragaman Indonesia, yang tentunya sangat disayang kalau tidak disebar ke masyarakat dan seluruh penjuru dunia.
Menteri Kemenkominfo yaitu bapak Rudiantara pun mengatakan "Portal berita Indonesia.go.id hadir sebagai halaman depan NKRI dalam ranah digital. Memberikan gambaran secara lengkap dan utuh tentang segala hal yang ada di Indonesia, sebagai upaya Nation Branding" dalam diskusi Relauncing Indonesia.go.id di Gedung Serbaguna Kemenkominfo.
Bapak Rudiantara juga menambahkan, bahwa dalam membangun Branding yang kuat di era media digital, membutuhkan strategi yang jelas dan terukur. Oleh sebab itu, informasinya jangan hanya terfokus di dalam negeri saja, kita juga perlu menyebarluaskan sampai ke publik internasional untuk memperkuat Nation Branding.
Portal berita Indonesia.go.id adalah berupa Aplikasi online, yang menyediakan berbagai macam pengelolaan konten tulisan dalam bentuk berita, article, gambar, video serta unduhan dan layanan publik. Tujuannya adalah sebagai media informasi dan layanan pemerintah serta portal rujukan dunia tentang Indonesia yang akurat dan terpercaya untuk merepresentasi Keindonesiaannya.
Dalam Relaunching Indonesia.go.id juga hadir sebagai pembicara bapak Rhenal Kassali yang mengatakan bahwa "Musuh kita adalah diri kita sendiri, prestasi sering menjadi bahan kecemburuan, jadi saatnya kita bicara jujur berdasarkan data, agar masyarakat dan dunia mengakui bahwa Indonesia yang terbaik."
Keanekaragaman budaya, adat istiadat, bahasa tradisional, suku, agama, dan sumber daya alam yang selama ini menjadi pesona keelokan Indonesia tercinta. Jadi dengan adanya Indonesia.go.id ini, maka masyarakat yang diluar negeri pun tahu dan tidak ketinggalan berita tentang Indonesia seutuhnya dalam hal upaya untuk national Branding.
Ada 3 cakupan konsep Rubrikasi didalamnya yaitu, Adanya kepentingan nasional, program prioritas pemerintah dan kepentingan publik, berikut penjelasannya :
Kepentingan Nasional, terdiri dari :
Profil Indonesia dan Ideologi seperti : Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKR, Pemerintah Indonesia, Indonesia dalam angka, Sejarah oemerintah dan Archipelago
Kepentingan Nasional, terdiri dari :
Pendidikan, Kesehatan,Keuangan, Perdagangan, Investasi, Kependudukan, Lapor, dan Kepabeanan.