Mohon tunggu...
Mellyta Tri
Mellyta Tri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Belajar dan terus mencoba hal baru untuk menjadi yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pembuatan Katalog Produk dan Pemanfaatan Media WhatsApp sebagai Media Promosi dan Pemasaran

24 Agustus 2021   06:32 Diperbarui: 24 Agustus 2021   06:47 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PEMBUATAN KATALOG PRODUK DAN PEMANFAATAN  MEDIA WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN

Katalog produk sudah menjadi hal yang biasa dalam bidang penjualan, tetapi semenjak adanya pandemi covid 19 saat ini katalog produk menjadi hal yang dibutuhkan penjual untuk mempromosikan produknya. Penggunaan katalog dianggap mempermudah dalam promosi calon pembeli pun dapat melihat terlebih dahulu mengenai produk yang akan dibelinya.

Pemilik usaha UMKM atau pun usaha online merasakan sulitnya menjualkan produknya dikarenakan banyak store yang biasanya menjadi pelanggan menutup sementara  store tersebut, sehingga pemilik Usaha harus menjualankan produknya sendiri.

Melalui Program KKNT UNISRI 2021 yang dilaksanakan di desa Lempong Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar, Mellyta Tri Puji Astutik mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UNISRI dengan dosen pembimbing lapangan Nur Endah Fajar H. S.E M.Ak  Melakukan pendampingan pembuatan katalog produk dan pemasaran melalui whatsApp  dengan pemilik UMKM di desa Lempong ( 19/8)

Dalam program tersebut mahasiswa dan pemilik UMKM membuat katalog dari produk unggulan tersebut, dengan pemanfaatan aplikasi Canva pemilik UMKM merasa senang dapat membuat katalog produknya semenarik mungkin sesuai yang diinginkan. 

Dengan produk yang sudah dimiliki membuat katalog produk dirasa menjadi strategi baru dalam promosi usaha saat ini. Dengan adanya program ini diharapkan pelaku usaha menjadi kreatif dalam melakukan promosi dan pemasaran dengan media yang mudah di aplikasikan 

Selanjutnya Mahasiswa  melaksanakan kegiatan pendampingan Penggunaan media whatApp sebagai media promosi dan pemasaran.  Media whatsApp dirasa sangat strategis dikarenakan banyaknya penggunaan aplikasi tersebut. 

Dengan melakukan sasaran penjualan melalui pembuatan grub whatsApp yang beranggotakan Ibu ibu dan remaja, serta melakukan posting hasil pembutan katalog produk tersebut dengan waktu yang dijadwalkan. 

Strategi tersebut dilakukan untuk menghindari rasa bosan dari anggota grub karena terlalu sering melakukan postingan promosi, dengan harapan melakukan strategi penjadwalkan postingan promosi dapat menjadikan konsumen tertarik dengan produk yang di promosikan 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun