Magang merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan wawasan dan pengalaman praktis bagi mahasiswa mengenai kegiatan di dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja. Magang merupakan tahapan penting bagi mahasiswa, dimana teori yang diajarkan di perkuliahan dapat diaplikasikan di dunia kerja sesungguhnya. Melalui proses magang mahasiswa diharapkan dapat memperoleh dan mengasah kemampuan hard skill dan soft skill yang dimiliki. Oleh karena itu, Universitas Jambi terus berupaya memberikan pengalaman bagi mahasiswanya melalui program magang.
PT Pos Indonesia menjadi salah satu tempat yang membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk dapat melakukan kegiatan magang. Pada kesempatan magang kali ini PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Jambi meneriman 3 mahasiswa akuntansi yaitu Imelda Pangestika, Melly Margaretha Yulianti, dan Shefira Rahmawati. Disini mahasiswa diberikan kesempatan untuk bergabung dibeberapa divisi, seperti Pelayanan Outlet dan Operasi Cabang, Penjualan Korporat Kurir dan Logistik, dan Unit Pelayanan Luar.
Kegiatan magang dilakukan selama 5 bulan, yang dimulai dari tanggal 12 Februari hingga 19 Juli 2024. Mentor dan pembimbing lapangan disini memberikan arahan dan membimbing dalam setiap kegiatan yang berlangsung, memberikan mahasiswa waktu untuk melakukan sharing mengenai masalah yang dihadapi, kemudian memberikan arahan serta solusi yang tentunya sangat berguna dan dapat membangun rasa kepercayaan diri serta kemampuan para mahasiswa dalam menjalankan kegiatan magang ini.
Terdapat beberapa poin penting yang kami dapatkan setelah melaksanakan magang ini yaitu :
- Penerapan Teori Dalam Praktek. Kegiatan magang ini memberikan kami selaku mahasiswa kesempatan untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang kami dapat dibangku perkuliahan untuk diterapkan didunia kerja yang sesungguhnya.
- Mengasah Keterampilan. Setelah menghadapi berbagai persoalan secara nyata dilapangan, maka kami selaku mahasiswa dapat terus mengasah kemampuan yang dimiliki dan menilai sejauh mana progres yang telah kami lalui.
- Menumbuhkan Rasa Percaya Diri. Melalui program magang ini kami selaku mahasiswa terus dilatih untuk lebih bisa tampil percaya diri dihadapan banyak orang.
- Kemampuan Time Managemen. Setelah melaksanakan magang kami selaku mahasiswa mulai menghindari kebiasaan menunda pekerjaan dan bisa menentukan prioritas dalam mengerjakan suatu pekerjaan sesuai dengan deadlinenya,
Dari program magang yang telah diselenggarakan ini, kami sebagai mahasiswa mendapatkan banyak sekali pengalaman dan keterampilan baru yang diperoleh selama kegiatan magang berlangsung, karena kami dilatih dan juga belajar langsung untuk melakukan pekerjaan secara profesional pada bidang kerja masing-masing.
Terima kasih kami ucapkan kepada pihak PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Jambi, yang telah menerima dan membimbing kami selama kegiatan magang berlangsung. Kami berharap agar pengalaman yang diperoleh selama program magang ini dapat bermanfaat dan diterapkan pada dunia kerja yang akan kami lalui nanti. Selain itu, kami juga berharap dengan adanya kelompok magang ini, maka kami sebagai perwakilan Universitas Jambi dapat memberikan hubungan timbal balik yang sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H