Sebelumnya, apa inti dari kata Belajar dan Pembelajaran??
Banyak sekali devinisi belajar yang dikemukakan oleh para ahli, namun dari banyaknya pengertian tentang belajar semuanya memiliki arah dan tujuan yang sama yaitu merubah tingkah laku.
Dari pendapat-pendapat tersebut dapat saya artikan bahwa Belajar merupakan usaha yang dilakukan secarasadar yang menyebabkan adanya perubahan tingkah laku dalam diri individu baik secara langsung maupun tidak langsung dengan responden lingkungannya.
Apakah hanya siswa yang belajar ???
TIDAK !!!
Gurupun harus ikut belajar sebelum mengajarkan materi kepada siswa. Misalnya: belajar tentang teknik-teknik atau metode-metode apa yang akan dilakukan dalam mengajar. Sebaiknya juga guru sudah menguasai semua materi yang akan diajarkan tanpa membuka-buka buku lagi dan membaca buku lagi. Malu dong... Kita sebagai calon guru.
Guru mengajar dan Siswa belajar, meupakantermasuk dalam proses pembelajaran.Berarti pembelajaran merupakan komunikasi 2 arah. Tidak berbeda dengan belajar, banyak pendapat yang mengemukakan devinisi pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia ikut serta dalam tingkah laku dalam kondisi khusus atau menghasilakn respon terhadap situasi tertentu.
Untuk menunjang proses belajar dan pembelajaran, terdapat beberapa Prinsip pengajaran yaitu (1) Prinsip Aktivitas, (2) Prinsip Motivasi, (3) Prinsip Individualitas, (4) Prinsip Lingkunga, (5) Prinsip Konsentrasi. (6) Prinsip Kebebasan, (7) Prinsip Peragaan, (8) Prinsip Kerjasama Dan persaingan, (9) Prinsip Apersepsi, (10) Prinsip Korelasi, (11) Prinsip Efisiensi dan Efektivitas, (12) Prinsip Globalitas, dan (13) Prinsip Permainan dan Hiburan. Dari berbagai prinsip ini supaya Tugas guru mengelola pengajaran dengan lebih baik, efektif, dinamis, efisien, ditandai dengan keterlibatan peserta didik secara aktif, mengalami, serta memperoleh perubahan diri dalam pengajaran.
Lalu, apakah Proses Belajar dan pembelajaran itu sendiri ???
Proses belajar merupakan langkah-langkah atau runtutan yang memungkinkan timbulnya perubahan tingkah laku yang merupakan proses kegiatan yang mencapai tujuan. Proses belajar dalam memahami sesuatu bidang pelajaran meliputi Proses mendapatkan atau memperoleh informasi, Transformasi, dan Proses Evaluasi.
Sedangkan Proses pembelajaran merupakan sebuah upaya bersama antara pengajar dan pelajar untuk berbagi dan mengolah informasi dengan tujuan agar pengetahuan yang terbentuk tertanam dalam diri peserta pembelajaran dan menjadi landasan belajar secara mandiri dan berkelanjutan. Proses pembelajaran yang baik, paling tidak harus melibatkan 3 aspek, yaitu : aspek psikomotorik, aspek kognitif dan aspek afektif.
Kemudian apakah Tujuan Belajar dan Pembelajaran ???
Tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan tugas belajar, yang umumnya meliputi pengetahuan,keterampilan dan sikap-sikap yang baru, yang diharapkan tercapai oleh siswa. Komponen tujuan belajar tujuan belajar terdiri dari tiga komponen yaitu: tingkah aku terminal, kondisi-kondisi tes, standar perilaku.
Sedangkan Tujuan Pembelajaran merupakan suatu perilaku yang hendak dicapai, dikembangkan dan diapresiasikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H