Di era perkembangan zaman seperti ini, banyakSumber Daya Manusia yang meningkat kualitasnya, terciptanya mesin-mesin baru untuk memudahkan manusia, dan perubahan yang sangat meningkat pada bumi ini.Lalu, Apakah Inovasi dalam pembelajaran juga diperlukan ??? untuk menjawab hal seperti ini, maka kaji dulu apa pengertian inovasinya. Sudah dijelaskan dalam artikel-artikel saya sebelumnya bahwa inovasi merupakan suatu perubahan yang menuju kearah yang lebih baik, dan ke arah perbaikan yang memberi kemanfaatan; yang berbeda dari yang sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana.
Pengertian inovasi yang intinya perubahan menuju arah lebih baik, dapat menjadi pedoman bahwa inovasi sangat diperlukan dalam pembelajaran. Tidak mungkin di era yang sekarang pembelajaran tidak ikut berinovasi, misalnya: dulu pendekatan belajar dengan menggunakan DDCH (duduk, dengar, catat, hafal), sekarang berubah menjadi CBSA yang menuntut pada keaktifan siswa dalam memperoleh pengetahuan., media yang digunakan dulu masih sangat sederhana, sekarang adanya computer bahkan internet dapat membantu dalam mencari pengetahuan.
Sebenarnya, factor apa saja yang mempengaruhi dibutuhkannya suatu inovasi ???
Pertama, Perkembangan IPTEK. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat berpengaruh untuk adanya inovasi dalam pembelajaran. Telah disebutkan di atas, salah satu perkembangan IPTEK adalah computer dan internet yang memudahkan guru maupun siswa dalam mencari pengetahuan.
Kedua, Populasi manusia sehingga terjadi ledakan. Saya pernah mengutarakan pertanyaan tentang seputar populasi manusia, mengapa populasi ikut serta dalam factor ini ?? dan jawabannya adalah karena populasi di era sekarang sangat meningkat dan terjadi ledakan penduduk. Maka dari itu, sekolah membatasi murid dalam satu kelas supaya pembelajaran lebih efisien dan tidakmudah.
Ketiga, Kebutuhan manusia yang meningkat dan konkret. Perlu diadakan inovasi dalam pembelajaran supaya anak dapat mandiri dalam mencari suatu permasalahan. Jadi, SDA bertambah meningkat, dan kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin konkretpun dapat teratasi walaupun tidak semuanya.
Keempat, factor Geografis. Letak tempat juga mempengaruhi dalam adanya inovasi di pembelajaran. Misalnya di lingkungan kota yang mungkin serba ada, dan di lingkungan desa yang sulit menjangkau arah ke kota.
Dari keempat factor tersebut, dapat menjawab “Mengapa Inovasi Pembelajaran Diperlukan ?”
Terkait dengan inovasi pembelajaran hal-hal yang terkait dalam masalah inovasi yang tidak kalah pentingnya adalah tentang pembelajaran otak. Jadi, calon guru diharapkan dapat menginovasi dan mengembangkan pembelajaran tersebut menggunakan strategi pembelajaran yang terkait dengan emosional, social, kognitif, fisik, dan reflektif. Dengan demikian kita mencoba mengembangkan kemampuan otak kiri peserta didik dengan ilmu rumus dan hafalan dan kita pun harus mengembangkan kemampuan otak kanan dengan daya kreatifitas anak.
Dalam inovasi pembelajaran, selain berkaitan dengan perkembangan otak peserta didik, ada pula kaitannya dengan anak sebagai individu dan anak sebagai pribadi yang unik. Hal-hal ini merupakan implikasi atau yang mempengaruhi peserta didik dalam pembelajaran. Perkembangan Otak setiap individu berbeda, ada yang mempunyai IQ rendah dan ada yang tinggi, ada yang cepat tanggap dalam menerima pengetahuan dan ada pula yang lama. Lalu siswa sebagai individu dan ingin menjadi dirinya sendiri, tidak mau dibedakan dengan yang lainnya karena tiap individu berbeda. Selanjutnya Siswa sebagai pribadi yang unik, menyangkut kepada perbedaan fisik, perbedaan social dan latar belakang, perbedaan kepribadian, dan lain lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H