Hari ini kami di kelas mempelajari tentang berbagai teori belajar. Banyak hal yang menarik jika membahas tentang teori-teori belajar ini. Satu teori yang menarik menurut saya yaitu teori kognitivisme. Teori ini memungkinkan adanya proses dalam pembelajaran sehingga pada akhirnya memberikan hasil belajar tersebut.Â
Tentu, ada tahap-tahap yang harus dilalui oleh seorang pendidik dalam menerapkan teori belajar ini, yang pertama pengetahuan/ingatan, ini berarti seorang siswa hanya sebatas mengetahui sesuatu tanpa memikirkan hal lainnya lagi. Yang kedua memahami, nah disini siswa sudah mulai bisa paham akan sesuatu hal setelah dia mengetahui maka dia pun memahami. Yang ketiga penerapan, setelah mengetahui dan memahami siswa mulai bisa menerapkan hal yang diketahuinya dalam proses belajar.
Kemudian yang keempat analisis, siswa sudah dapat menganalisis situasi yang dialaminya lewat pertanyaan-pertanyaan dibenaknya. Kelima sintesis, keenam keaktifan dan terakhir evaluasi. Jadi inilah tahap-tahap dalam kognitivisme iniÂ
Dengan demikian, teori belajar kognitivisme ini adalah salah satu teori belajar yang dapat digunakan seorang pendidik dalam proses mengajar di kelas dengan tetap melihat kemampuan para siswa tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H