Mohon tunggu...
Melisa Widia Herani
Melisa Widia Herani Mohon Tunggu... Guru - just thingking simple and then everything will be simple

tergerak, bergerak dan menggerakkan menuju arah perubahan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Diagram Frayer Pembelajaran Berdiferensiasi

8 Juli 2021   19:15 Diperbarui: 11 Juli 2021   14:54 12774
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

A. Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan setelah melakukan identifikasi kebutuhan belajar meliputi pemetaan kebutuhan belajar yakni kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar. Kemudian menentukan strategi pembelajaran diferensiasi yang meliputi 3 aspek yaitu:

  • Diferensiasi konten, merujuk pada apa yang diajarkan kepada murid berdasarkan isi atau materi yang diberikan. Diferensiasi ini juga harus dikombinasikan dengan kebutuhan belajar murid (kesiapan belajar, minat dan profil belajar)

Tomlinson memberikan sebuah alat "equalizer" yang berfungsi untuk mengukur kesiapan belajar murid (Bersifat mendasar - Bersifat transformatif; Konkret - Abstrak; Sederhana - Kompleks ; Terstruktur - Open Ended; Tergantung (dependent) - Mandiri (Independent); Lambat - Cepat)

  • Diferensiasi proses, mengacu kepada bagaimana murid memahami atau memaknai apa informasi atau materi yang dipelajari

Ada beberapa cara yang bisa dikombinasikan terkait dengan kebutuhan belajar murid yaiitu:

  1. Kegiatan berjenjang
  2. Pertanyaan pemandu atau tantangan
  3. Membuat agenda individual murid
  4. Memvariasikan lama waktu
  5. Mengembangkan kegiatan bervariasi
  6. Menggunakan pengelompokan yang fleksibel
  • Diferensiasi produk, berupa tagihan apa yang diharapkan dari murid seperti hasil kerja atau unjuk kerja yang ditunjukkan oleh murid dan harus mencerminkan serta berhubungan dengan pemahaman dan tujuan pembelajaran yang diharapkan

Ada dua cara yang bisa dilakukan dengan kombinasi dari kebutuhan belajar murid, yaitu:

  1. Memberikan tantangan dan keragaman/ variasi
  2. Memberikan murid pilihan bagaimana mereka dapat mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan

B. Implementasi dari lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi

Dibangun dalam komunitas belajar (learning community) yaitu komunitas yang semua anggotanya adalah pemelajar

Guru-guru memimpin murid dalam mengembangkan sikap dan praktik yang saling mendukung tumbuhnya lingkungan belajar

Menurut Carrol dan Tomlinson, beberapa karakter dalam implementasi iklim lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi adalah:

  1. Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik
  2. Setiap orang di dalam kelas tersebut saling menghargai
  3. Murid merasa aman
  4. Ada harapan bagi pertumbuhan murid
  5. Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan
  6. Ada keadilan dalam bentuk nyata dalam kelas
  7. Guru dan murid berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun