Mohon tunggu...
Melinda Setyani
Melinda Setyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Lakukan Edukasi dan Membantu Branding Kemasan Produk UMKM

14 Agustus 2022   21:21 Diperbarui: 14 Agustus 2022   21:22 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosialisasi dan Edukasi di RW 13

Panggung Lor, Semarang Utara (14/08/2022) – Branding merupakan salah satu hal penting dalam suatu usaha. Branding dapat memberikan daya tarik bagi konsumen, membuka peluang usaha untuk menetapkan harga jual yang tinggi, serta menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan produk kita dengan produk pesaing. Selain meningkatkan rasa dan kualitas produk, diperlukan juga branding pada pengemasan dan pelabelan produk. Mengapa branding yang dilakukan pada kemasan itu penting? Karena kemasan yang menarik akan meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Hal tersebut melatarbelakangi mahasiswa TIM II KKN UNDIP, Melinda Setyani, untuk melakukan edukasi pada pelaku UMKM di beberapa RW di Kelurahan Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang untuk dapat meningkatkan branding terutama mengenai kemasan produk. Penyampaian sejumlah materi mengenai apa itu branding, jenis-jenis kemasan, cara memilih kemasan yang tepat, poin-poin penting yang harus tercantum pada label kemasan, serta pembagian booklet turut dilakukan agar pelaku UMKM lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Booklet Pengemasan dan Pelabelan Produk
Booklet Pengemasan dan Pelabelan Produk

Prototype Kemasan dan Label Produk
Prototype Kemasan dan Label Produk
Kegiatan edukasi yang dilakukan pada Rabu (27/07/2022) diterima dengan baik oleh para pelaku UMKM di Kelurahan Panggung Lor. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa juga memberikan inovasi dan menunjukkan contoh prototype produk berupa kemasan yang telah disertai label yang berisi informasi mengenai produk yang akan dipasarkan. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh sehingga dapat meningkatkan branding usahanya dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen serta dapat bersaing dengan UMKM lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun