Mohon tunggu...
Meliatiya Arifviyana
Meliatiya Arifviyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember

Mahasiswa Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran Media Sosial Harus Diketahui Pelaku UMKM di Masa Pandemi Covid-19

5 September 2021   23:00 Diperbarui: 5 September 2021   23:11 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jember , Jawa Timur - Teknologi yang semakin berkembang menuntut masyarakat untuk lebih memahami pemanfaatan dari teknologi tersebut. 

Peningkatan jumlah pengguna teknologi seperti media sosial meningkat sekitar 38% pada masa pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 yang sudah tersebar di Indonesia sejak maret tahun lalu, dan pemerintah menetapkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB). 

Dampak dari kebijakan tersebut sangat berpengaruh kepada seluruh sektor seperti pegawai yang harus bekerja secara WFH (Work From Home), siswa serta mahasiswa yang harus mengikuti pembelajaran secara daring, dan tentunya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat merasakan dampaknya.

Mbak Ifa adalah salah satu pelaku UMKM marning yang berada di desa Sumberejo kecamatan Ambulu, ketika saya melakukan wawancara beliau menyampaikan bahwa pandemi COVID-19 membawa pengaruh terhadap penjualan marning. 

Usaha yang sudah dikembangkan sejak tahun 2000 baru kali ini penurunan penjualan sangat signifikan. Terlebih lagi pemasaran marning hanya ditaruh di warung - warung kecil dan pedagang sayur keliling, semenjak adanya PSBB warung ada yang buka tetapi tidak seperti biasanya dan ada beberapa yang memilih tutup.

dokpri
dokpri

Oleh sebab itu, dari permasalahan yang dihadapi oleh mbak ifa dalam menjalankan usaha marning, yaitu masih minimnya pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi sebagai media pemasaran online yang sangat berpengaruh terhadap penjualan. 

Saya Meliatiya Arifviyana selaku Mahasiswa Universitas Jember yang saat ini sedang menjalankan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village (BTV) III dari kelompok 23 yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL ) Ir. Sigit Prastowo, MP, ingin memberikan pembelajaran serta pendampingan dalam proses pemasaran online.

dokpri
dokpri

Program kerja yang sudah saya rencanakan ketika awal KKN akan saya terapkan keseluruhan terhadap usaha marning mbak ifa seperti pembelajaran tentang digital marketing, strategi dasar pemanfaatan media sosial, cara desain logo media sosial, feed instagram, cara upload product ke media sosial dan marketplace. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun