Mohon tunggu...
Meliana Levina Prasetyo
Meliana Levina Prasetyo Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Hobi membaca, nonton, browsing internet, jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Diary

Bisa Meniru Suara Ekstrem

3 Juni 2024   00:00 Diperbarui: 3 Juni 2024   00:36 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Setelah saya juara nyanyi umum tingkat nasional di 5 lomba, saya semakin bangga. Semua piala, medali, sertifikat, notes kecil, dan pulpen saya simpan baik-baik karena siapa tahu jikalau ada kesempatan untuk lanjutkan S-3 Theologi maka prestasi itu berguna untuk keringanan biaya, beasiswa, atau jalur prestasi. Nasib orang siapa tahu. 

Lalu juga bisa meningkatkan karir jadi semua hadiah yang saya dapat saya tunjukkan kepada bos saya yang juga punya bakat menyanyi dan sastra tapi beliau lebih cenderung menyanyi lagu-lagu Mandarin. 

Sedangkan saya bisa semua genre dengan nyanyi 176 lagu kebangsaan yang tentu genrenya satu sama lain sangat berbeda bahkan tidak dikenal. Itu bakat langka saya yang membuat orang heran. 

Setelah itu saya mulai belajar nyanyi lewat karaoke online agar nyanyian bisa selaras dengan irama, nada, dan kunci lagu. Lagu pop favorit saya adalah yang berjudul El Condor Pasa yang berasal dari suku Indian Inka Peru tapi menggunakan bahasa Inggris atau Spanyol. Lagu tersebut termasuk sulit dinyanyikan karena berbau Latin. 

Lalu mencoba lagu pop asal Meksiko berbau Latin yang juga menggunakan irama musik orang Indian Amerika yang dinyanyikan oleh Lucia Mendez berjudul Corazon de Piedra yang juga termasuk sulit. Itu untuk latihan agar bisa menyanyikan lagu-lagu kebangsaan negara-negara Amerika Latin yang tingkat kesulitannya sangat tinggi. 

Sekarang saya mulai tahu menyanyi lagu paling cocok dengan kunci F ketika menyanyikan lagu pop berjudul El Condor Pasa dengan karaoke online yang bertuliskan untuk wanita dengan kunci F. Pas dengan suara dan aksen saya yang termasuk suara alto dalam paduan suara tapi mengarah ke mezzo soprano. 

Meskipun sekarang range vokal semakin bertambah setelah mencoba mengukur range vokal dari nada rendah sekali sampai tertinggi dan bisa menyentuh nada rendah sekali sampai tertinggi, tetap lebih cocok menyanyi dengan kunci F. Kalau kunci G untuk wanita ada bagian lagu yang nada tinggi bisa dicapai tapi dengan suara kecil dan pelan, sedangkan pakai kunci F lebih jelas dan tegas. 

Jadi justru semakin banyak range vokal yang bertambah maka perlu latihan intensif agar bisa nyanyi menurut ketukan, irama, dan nada lagu. Kecuali lagu-lagu kebangsaan negara-negara saya nyanyikan di YouTube tanpa musik jadi pakai gaya bebas dan improvisasi unik dan langka serta berganti gaya menurut lagu masing-masing. Jadi tidak monoton dan tidak jiplak suara orang lain tapi menciptakan gaya sendiri, tinggal belajar koreografi agar kelihatan lebih anggun dan kalem. 

Ada lagu kebangsaan yang saya ikutkan dalam lomba nyanyi online tingkat nasional jadi juara 1 meskipun tanpa musik dan tampilan video adalah selfie dan paling primitif sendiri, tapi justru jadi juara karena gaya nyanyi dan improvisasi paling unik dan langka dan belum ada orang lain yang bisa meniru. Bos saya juga heran melihat saya bisa nyanyi 176 lagu kebangsaan negara-negara di YouTube. Setelah itu saya mencoba warming up atau pemanasan sebelum menyanyi agar lebih mantap sesuai saran coach online.

 Saya kebetulan iseng menemukan banyak penyanyi wanita yang warming-up dengan range vokal terendah sampai tertinggi dan saya mencoba menirukan suara penyanyi wanita yang range vokalnya paling tinggi dari suara yang rendah sekali sampai tertinggi dengan suara yang seperti suara hampir ultrasonic. Ternyata berhasil di luar dugaan. Banyak orang yang merinding dengar suara warming-up saya. Tapi tetap kalau menyanyi paling cocok dengan kunci F meskipun nada lagunya tinggi semua seperti seriosa. 

Orang juga merinding kalau dengar nyanyian saya lagu-lagu kebangsaan negara-negara di YouTube yang banyak menggunakan suara dan improvisasi unik baik nada rendah maupun tinggi sehingga banyak orang bingung darimana saya belajar termasuk coach waktu ikut free vocal trial. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun