Mohon tunggu...
Meliana Levina Prasetyo
Meliana Levina Prasetyo Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Hobi membaca, nonton, browsing internet, jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Diary

Baru Pertama Kali Juara Nyanyi Tingkat Nasional Online

23 Mei 2024   09:40 Diperbarui: 23 Mei 2024   10:25 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Waktu masih SMP dulu pernah ikut lomba koor antar SMP sekota dan meraih juara harapan I. Itu dipilih dari kelas 2 dan 3 SMP masing-masing kelas dipilih 7 orang yang bersuara terbaik meskipun banyak yang suaranya fals. Guru saya yang juga melatih koor sebelum lomba susah payah karena banyak yang suaranya fals tapi akhirnya diminta semua kompak menyanyi agar suara fals bisa tertutup dengan suara lainnya yang lebih merdu. Akhirnya berhasil jadi juara harapan I karena yang main piano sudah tingkat mahir. Selain itu pernah juara 3 lomba vocal group antar kelas satu sekolah dengan menyanyikan lagu Gospel yang terbaik. Waktu masih kuliah dulu pernah kalah lomba karaoke untuk lingkungan kampus karena suara berhenti ketika menyentuh nada tinggi karena grogi. Sedangkan nyanyi di cafe remang-remang bisa menyentuh nada tinggi karena ruangan agak gelap sehingga tidak terlihat jelas oleh penonton. 

Pernah ikut audisi singer di komunitas rohani tapi tidak lolos karena suara berhenti ketika menyentuh nada tinggi yang berlebihan padahal nada aslinya tidak terlalu tinggi dan oktaf saya waktu itu belum menyentuh nada tinggi sekali. Selain itu juga tidak tahu kunci lagu karena tidak bisa main musik sehingga menyanyi meskipun tidak fals tidak mengikuti irama lagu yang sesuai. Tapi setelah mencoba menyanyi lagu-lagu kebangsaan, lama-lama oktaf bertambah bisa mencapai nada tertinggi dan nada terendah, jadi range vokal bertambah banyak. Sekarang sudah nyanyi 176 lagu kebangsaan negara-negara dan bisa sampai seluruh negara di dunia atau sampai Vatikan. Lalu ketika ada 5 lomba di medsos berbagai macam kategori termasuk menyanyi tingkat nasional online, saya coba ikut dan di semua lomba untuk kategori menyanyi umum juara terus. Lalu ketika iseng mencoba menirukan nada dari yang terendah sampai tertinggi untuk wanita, saya bisa mencapai semua nada terendah sampai tertinggi yang melebihi batas nada tinggi dan rendah yang biasanya hanya bisa dijangkau oleh orang pada umumnya antara 2-3 oktaf. 

Karena itu juga termasuk bakat langka karena jarang yang bisa menyanyi mencapai nada yang terendah sampai tertinggi sehingga orang yang bisa nyanyi nada terendah sampai tertinggi disebut suara overall atau all round. Jadi saya coba mengajukan ke MURI tapi tunggu keputusan Jaya Suprana dulu. Itu yang buat saya bangga dan sudah jadi artis musik di google genre alternatif/indie semoga bisa terkenal. Semoga lagu Gospel ciptaan saya sendiri dapat laris di semua platforms dan akan merilis lagu Gospel ciptaan sendiri yang lain. Saya mulai bisa menciptakan lagu setelah bos saya meminta saya menciptakan lagu. Dulu pernah ikut lomba cover lagu dan menciptakan lagu tapi kalah. Jadi bisa jadi juara nyanyi tingkat nasional online itu sangat membanggakan karena ini termasuk kesempatan langka tingkat nasional dan bersaing dengan jutaan peserta lomba. Jadi saya bersyukur sekali. Jadi berkat nyanyi banyak lagu kebangsaan dan menciptakan lagu Gospel maka saya bisa juara menyanyi tingkat nasional online. Semoga bisa meningkatkan karir saya di bidang seni dan sastra karena saya juga menang lomba fotogenik 4 kali dan lomba cipta puisi 3 kali. Itu juga bisa mendukung karir saya di bidang seni dan sastra. Semoga semakin dikenal orang dan meningkatkan penghasilan juga. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun