Mohon tunggu...
Meliana Levina Prasetyo
Meliana Levina Prasetyo Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Hobi membaca, nonton, browsing internet, jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Diary

Hambatan Menyanyi Ketika Masih Kecil

20 Februari 2024   19:00 Diperbarui: 20 Februari 2024   19:01 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Waktu kecil saya memang bisa nyanyi tanpa les vokal, tapi juga sering batuk pilek shg nilai seni suara cuma 6. Lalu waktu kelas 3 SD krn sakit tenggorokan Dan minum antibiotik saya diminta nyanyi di depan tapi saya tidak bilang terus terang kalau lagi sakit tenggorokan agar ada solusi untuk tetap bisa nyanyi. Saya tdk mau nyanyi akhirnya nilai seni suara 5 Dan sarannya belajarlah menyanyi. 

Padahal nyanyi mudah bagi saya Dan bisa nyaring cuma kurang PD. Akhirnya jadi demam panggung. Akhirnya sampai lulus SD nilai seni suara cuma 6. Setelah SMP mulai bersuara merdu Dan dapat 70 kdg2 60 tergantung lagunya. Lulus SMA nyanyi lagu wajib Dan lagu daerah. Nilai lagu wajib 60 karena kurang begitu hafal iramanya. 

Yg lagu daerah dapat 70 karena lebih nyaring Dan mantap di atas rata2 suara penyanyi pada umumnya. Jadi sebetulnya saya bakat nyanyi tapi kurang latihan maksimal. Kalau mengukur oktaf antara 4-5 Dan lama2 nada tertinggi yang nyaring sampai 5 oktaf bagus Dan unik langka untuk nyanyi lagu kebangsaan Portugal. 

Setiap lagu kebangsaan saya nyanyikan dengan gaya yang berbeda-beda tergantung lagunya jadi tidak pernah nyanyi monoton Dan tahu lagu ini harus dinyanyikan dengan gaya apa yg plg cocok dengan mengatur tinggi rendah suara Dan yang paling cocok dengan jenis suara saya adalah lagu-lagu kebangsaan negara-negara Afrika. 

Yang paling unik nyanyinya adalah lagu kebangsaan Amerika Serikat Dan belum ditemukan pada orang lain. Jadi yang view paling banyak sedangkan Indonesia Raya cuma sedikit views-nya karena semua judul Dan keterangan lagu saya tulis dengan bahasa Inggris Dan tidak menyebutkan negara. Jadi yang komentar biasanya pakai bahasa Inggris kecuali orang yang sudah tahu saya Dari Indonesia. 

Setelah itu coba menciptakan lagu Gospel Dan ada 11 lagu tapi baru satu yang saya rilis di semua platforms dengan recording edit dan mixing mastering Dan irama digubah arranger karena lagu Gospel supaya orang lebih mudah menyanyikan. Semoga bakat langka saya nyanyi lagu kebangsaan negara-negara lebih Dari seratus Dan menciptakan lagu Gospel bisa terus berkembang, laris di pasaran Dan terkenal. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun