Â
Pengen tahu tentang internet provider yang mampu menjangkau banyak pengguna? Telkom Indonesia hadir dalam sebuah layanan IndiHome. Nah, masyarakat di kampung saya sudah banyak yang menggunakan layanan dari IndiHome loh.
Sebut saja Lia, adik saya yang sudah 2 tahun memakai layanan ini. Ya, keberadaan IndiHome sudah bisa diakses di mana saja, termasuk di kabupaten atau daerah yang jauh dari perkotaan. Bisa saja sih memakai internet provider lain, tetapi nyatanya IndiHome lebih stabil.
Kebutuhan Internet Masyarakat
Bukan hanya kebutuhan internet satu orang saja, IndiHome pun mengatasi kebutuhan internet seluruh keluarga. Penggunaannya bisa untuk menonton, streaming film favorit, atau sekadar browsing dari situs yang diinginkan. IndiHome menjadi suatu layanan yang begitu diminati saat ini. Terbukti, teman-teman pengajian di perumahan saya pun banyak yang menggunakan layanan ini.
Sebagai seorang yang setiap harinya pasti menggunakan internet, IndiHome bisa menjadi pilihan loh. Apalagi yang memiliki bisnis online atau toko online, kita tidak perlu khawatir pada terputusnya jaringan. Tenang, itu semua dikarenakan Telkom Indonesia akan menjaga pelayanan IndiHome ini.
Pelayanan yang baik dari Telkom Indonesia dapat membuat masyarakat setia menjadi pengguna IndiHome. Apalagi sekarang IndiHome tidak sendirian loh. Telkom Indonesia harus benar-benar menjaga kenyamanan konsumen dengan layanan-layanannya. Sayang, bila pelanggan yang banyak itu akan berlari hanya karena gangguan-gangguan kecil yang tidak segera diatasi.
IndiHome dengan Layanannya
Dengan harga berlangganan 3 ratus ribuan, IndiHome telah memberikan kita akses untuk banyak hal. Anak-anak bisa menonton youtube yang mendidik sehingga ketakutan orang tua terhadap perkembangan psikologis anak bisa teratasi. Pembatasan dan pemberian waktu tonton yang tepat untuk anak harus menjadi acuan para orang tua agar penggunaan layanan IndiHome ini benar-benar bermanfaat.
Namun, IndiHome sendiri harus mencoba kiat berikut ini agar pelanggan tetap setia. Kesetiaan itu penting loh. Jangan sampai pelanggan tersebut jatuh hati pada internet provider yang lain. Nah, beberapa kiat saya yang berikut ini bisa dijadikan renungan untuk IndiHome.
Pertama, bertambah banyaknya internet provider yang menyediakan layanan seperti IndiHome. Hal ini harus dipikirkan oleh IndiHome. Oleh karena itu, IndiHome bisa saja melakukan survei pelanggan dengan berbagai cara. Misalnya, melalui kuisioner yang sederhana. Isinya, tentang keingintahuan tentang seberapa inginkah pelanggan untuk tetap menggunakan IndiHome.
Kedua, tambahkan beberapa layanan baru yang tentu saja dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya, kecepatan akses yang ditingkatkan lagi. Ketiga, pemberian reward atas pelanggan yang telah setia menemani IndiHome selama beberapa tahun. Biasanya, meskipun penghargaan itu sederhana seperti bebas biaya langganan untuk 2 bulan. Itu saja sudah memberi arti banyak loh bagi pelanggan.
Keempat, jangan pernah merasa sudah 'cukup' dengan apa yang telah diberi karena itu akan membuat IndiHome akan terlena dengan pencapaian-pencapaiannya. Ingat bahwa di belakang ada banyak internet provider yang siap bertempur. Lakukan yang terbaik dan wujudkan keinginan pelanggan.
Kelima, jangan remehkan orang yang baru berlangganan. Siapa tahu yang baru itulah yang akan setia lebih lama. Manfaatkan jejaringan dari tiap pelanggan agar terbentuk ketergantungan satu dengan yang lain.
Kepercayaan, kesetiaan, kenyamanan, dan ketergantungan akan membuat  pelanggan tetap berada pada layanan IndiHome. Bila pihak IndiHome bisa memberi yang terbaik bagi pelanggan, saya yakin kekuatan IndiHome akan lebih besar lagi dari tahun ke tahun. Sukses selalu untuk Telkom Indonesia, IndiHome atas kontribusinya pada kemajuan masyarakat Indonesia. Semua bisa karena bersama.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H