Mohon tunggu...
Juragan Konten
Juragan Konten Mohon Tunggu... wiraswasta -

fulltime observer

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Menjalankan Strategi Marketing Modern di Era Digital

9 Mei 2014   16:45 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:41 768
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, para pelaku marketing tentunya harus membekali diri dengan pengetahuan dan skill yang cukup tentang dunia digital marketing ataupun bisnis online. Internet merupakan salah satu media pemasaran atau distribusi yang sangat besar dengan pangsa pasar yang beragam. Hal ini menyebabkan terdapatnya banyak sekali peluang sekaligus tantangan yang akan dihadapi oleh para pelaku marketing yang ingin sukses menerapkan program marketing di era digital. Meskipun marketing konvensional masih sangat penting keberadaannya, alangkah lebih efektif jika ditambahkan atau dilengkapi dengan penerapan digital marketing untuk menambah jangkauan pasar.

Digital marketing merupakan cara pemasaran sebuah produk atau brand dengan memanfaatkan berbagai media digital seperti televisi, radio dan internet. Dengan semakin meningkatnya pengguna internet saat ini, banyak pelaku marketing konvensional atau perusahaan yang beralih atau mulai menerapkan strategi internet marketing. Pada dasarnya, konsep digital marketing dengan media internet berfokus pada pengembangan strategi pemasaran online yang terdiri dari content marketing, social media strategy dan search engine marketing. Berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika berhasil menerapkan strategi digital marketing diantaranya meningkatkan penjualan atau sales, mencapai target pasar yang lebih luas dan menciptakan digital branding dengan anggaran biaya yang lebih efisien.

Yang menjadi pertanyan sekarang adalah bagaimana menerapkan strategi digital marketing yang efektif untuk sebuah produk atau brand? Kunci sukses dari strategi digital marketing bisa dibagi menjadi 2 bagian utama yakni perencanaan yang baik (digital marketing plan) dan proses eksekusi yang mantap. Digital marketing plan harus dibuat oleh para pelaku marketing dengan pemahaman dan pengetahuan yang mendalam tentang digital marketing tools yang diperlukan dan berbagai solusi yang kreatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, digital marketing plan tersebut tidak hanya berisi pesan atau konten yang ingin disampaikan, channel yang akan digunakan dan jumlah fans atau follower yang ingin diperoleh.

Setelah perencanaan disusun berdasarkan beberapa hal diatas, langkah selanjutnya adalah proses eksekusi digital marketing yang harus dilakukan secara mantap. Tentunya perencanaan yang sudah baik tidak akan memberikan hasil yang optimal jika tidak disertai dengan pelaksanaan yang baik pula. Dengan perencanaan yang baik dan eksekusi yang mantap, strategi digital marketing akan mampu membuat suatu produk atau perusahaan bertahan dalam persaingan era digital yang semakin ketat seperti sekarang ini.

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun