Transparansi merupakan terciptanya interaksi antara pemerintah dan warga negara sebagai informasi dan kemudahan dalam memperoleh informasi  suatu data atau fakta.Â
Pelayanan publik yaitu sekumpulan orang untuk memberikan kemudahan dan pertolongan kepada masyarakat serta mencapai tujuan tertentu menurut Miftah Thoha: 1991.
3 indikator dari pelayanan publik yaitu:Â
1. Transparansi merupakan suatu tindakan untuk mengukur keterbukaan proses pada pelayanan publik.Â
2. Transparansi harus memiliki aturan yang mudah dan prosedur pelayanannya dipahami oleh konsumen dan lainnya.Â
3. Transparansi pelayanan merupakan suatu kemudahan untuk memperoleh informasi bagi konsumen pelayanan publik.Â
Ketiga indikator dapat membuat penilaian transparansi pelayanan publik lebih baik dan lengkap.Â
Pentingnya transparansi dalam pelayanan publik ada 2 sektor. Pertama sektor publik, pelayanan publik penting selalu berhubungan dengan masyarakat luas yang memiliki kepentingan dan tujuan.Â
Kedua, sektor alokasi anggaran seperti masyarakat berhak mengetahui informasi sumber anggaran diperoleh dan dialokasikan untuk apa saja.Â
Ada beberapa Penerapan transparansi dalam pelayanan publik diantaranya :
1. Pelaksanaan publik harus mudah diakses dan diinformasikan.Â