Mohon tunggu...
Mela Agustia
Mela Agustia Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

fotografi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengatasi Kesenjangan Kualitas Pendidikan: Tantangan dan Solusi

13 Juni 2024   11:31 Diperbarui: 13 Juni 2024   11:32 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan pilar utama dalam kemajuan negara. Mendapatkan pendidikan yang adil dan berkualitas tinggi sangat penting untuk melahirkan generasi penerus yang cerdas, dan berbudi luhur. Namun, kesenjangan pendidikan di Indonesia masih menjadi masalah yang serius di tengah gempuran era globalisasi.

Ketidaksamaan ini terlihat jelas dalam kualitas pendidikan di kota-kota besar dan daerah terpencil. Sekolah-sekolah di kota-kota besar biasanya memiliki infrastruktur yang memadai, guru yang berkualitas tinggi, dan akses yang lebih baik ke teknologi. 

Di sisi lain, banyak sekolah di daerah terpencil masih kekurangan fasilitas, guru yang kurang berpengalaman, dan akses yang kurang terhadap teknologi. Karena perbedaan ini, siswa dari daerah terpencil biasanya memiliki prestasi yang lebih buruk dibandingkan dengan siswa dari kota-kota besar. Tidak diragukan lagi, hal ini menghambat kesetaraan peluang dan akses terhadap pendidikan berkualitas tinggi.

Bagaimanakah perbedaan kualitas pendidikan ini dapat diperbaiki? 

Berikut ini adalah beberapa solusi yang mungkin dipertimbangkan:

  • Memperbesar Anggaran untuk Pendidikan

Pemerintah harus meningkatkan alokasi anggaran untuk pendidikan, terutama untuk daerah terpencil. Dana ini dapat digunakan untuk membangun infrastruktur sekolah, meningkatkan gaji guru, dan menyediakan fasilitas pendidikan berkualitas tinggi.

  • Pembagian Guru yang Merata

Untuk mencapai hal ini, pemerintah harus menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan guru yang berkelanjutan serta memberikan tunjangan khusus kepada guru yang bersedia mengajar di daerah terpencil.

  • Aplikasi Teknologi Informasi

Untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan di daerah terpencil, pemerintah harus memanfaatkan teknologi informasi. Ini dapat dicapai dengan membangun infrastruktur internet di daerah terpencil dan menyediakan platform pembelajaran online yang berkualitas tinggi.

  • Meningkatkan Peran Komunitas

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, masyarakat harus berpartisipasi secara aktif. Orang tua harus mendukung dan mendorong anak-anak mereka untuk belajar, dan mereka juga harus ikut serta dalam kegiatan sekolah.

  • Program Studi yang Relevan

Kurikulum pendidikan harus terus diperbarui agar lebih sesuai dengan zaman sekarang. Kurikulum harus dirancang untuk mengajarkan siswa berpikir kritis, kreatif, dan memecahkan masalah.

Dibutuhkan komitmen yang kuat dari pemerintah, sekolah, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan untuk mengatasi disparitas pendidikan. Diharapkan dengan kerja sama dari semua pihak, perbedaan kualitas pendidikan di Indonesia dapat diatasi dan generasi penerus bangsa akan menerima pendidikan terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun