Mohon tunggu...
MICHAEL HENGDAYAT
MICHAEL HENGDAYAT Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah orang yang teliti dan ulet. Saat mengerjakan suatu tugas saya pasti selalu memeriksa pekerjaan saya hingga detail. Karena saya memiliki pemahaman yang komprehensif tentang komponen-komponen tersebut, saya dapat melihat hal-hal yang penting dan dapat membuat prioritas dengan tepat sehingga semua dapat memenuhi tenggat waktu.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

22 November 2022   21:55 Diperbarui: 22 November 2022   22:24 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hominisasi


Pada hari Sabtu 19 November 2022, Saya Michael Hengdayat berasal dari fakultas Teknik Industri telah mengikuti geladi hominisasi. Pada narasi ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama mengikuti geladi tersebut. 

Geladi Hominisasi memiliki makna yaitu pemanusiaan. Geladi ini memiliki tujuan untuk memberi pemahaman bahwa manusia memiliki kelebihan dibandingkan makhluk lain, yakni akal budi dan kehendak bebas yang kemudian digunakan untuk memanusiakan manusia. Hal tersebut berarti untuk menggunakan akal-budi dan kehendak bebasnya dengan sebaik-baiknya.


Geladi yang saya jalankan memiliki tiga tahap yang harus dilalui, yaitu pra-geladi, geladi, dan pasca-geladi. Saat pra-geladi, saya mendapatkan 2 buah tugas. Tugas pertama adalah saya harus menemukan syair yang paling menarik pada lagu kebangsaan Indonesia 3 stanza dan menjelaskan mengapa syair tersebut menarik untuk saya.

 Kemudian pada tugas kedua, saya harus memilih 1 dari 10 video dokumenter yang bertema ketahanan pangan, budaya dan lingkungan untuk mencari hal-hal yang menarik dan menjawab pertanyaan yang telah diberikan. 

Pada hari geladi, peserta geladi diberikan link zoom untuk mengikuti geladi. Selanjutnya, saya diberikan tugas untuk bekerja sama dengan orang yang belum kenal sebelumnya. Kami berkelompok dan mendiskusikan sebuah tema yang telah ditentukan sebelumnya. Tema kelompok saya adalah hari anak sedunia, kemudian tugas kami adalah untuk mempresentasikan hal tersebut kepada panitia dan kelompok lainnya. 

Kami mempresentasikan tema kami hanya di breakout room yang telah ditentukan oleh panitia. Kelompok saya presentasi dalam bentuk podcast dan ternyata setelah presentasi, panitia akan menentukan 1 kelompok dari masing-masing break room untuk menjadikan kelompok tersebut sebagai perwakilan dan presentasi lagi di main room.

Kelompok saya terpilih sebagai perwakilan dari break room kami. Kemudian, kelompok saya bertanding dengan kelompok lainnya di main room. Sayangnya kelompok saya tidak juara 1, tapi dari geladi tersebut saya mendapatkan banyak pelajaran yang dapat membuat saya menjadi orang yang lebih baik lagi.

Pelajaran yang saya dapatkan setelah mengikuti Geladi ini adalah saya belajar untuk  bekerja sama dengan orang baru yang saya baru kenal, belajar untuk berpikir kritis atas permasalahan yang sedang dihadapi, dan belajar untuk public speaking. 

Dari pelajaran-pelajaran tersebut akan bermanfaat bagi kehidupan kuliah saya, karena pelajaran tersebut akan membentuk saya untuk berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan dan masalah lainnya.

Selain itu juga, saya belajar untuk berpikir logis dan mengambil keputusan yang tepat dalam setiap situasi yang saya hadapi. Hal tersebut merupakan hal yang bermanfaat untuk diterapkan dalam hidup saya, dengan saya melakukannya secara konsisten, maka hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun