Mohon tunggu...
Tonnly Mejuah Juah
Tonnly Mejuah Juah Mohon Tunggu... karyawan swasta -

AAL IZZ WELL

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ass (Bokong): Bahasa Pergaulan

1 Desember 2010   02:34 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:09 653
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1291170813242000968

[caption id="attachment_77838" align="alignleft" width="262" caption="illustrasi google.com"][/caption] bahasa menentukan identitas, begitulah sebagian orang berkata. semakin baku dan padanan katanya tepat dalam penggunaan kalimat makan orangnya juga akan semakin tinggi kepribadianya, atau jelasnya edukasinya. tapi masalahnya bagaimana rupa bahasa yang disebut bahasa baku atau sesuai dengan EYD, saya tak tahu, persepsi saya yang penting enak, tidak terlalu kasar dan anehlah, tak melukai serta menjaga kesopananan dengan bahasa kita dapat berkomunikasai dengan orang lain dalam kehidupan sehari hari, kehidupan kerja dan pergaulan sekitar. semua bahasa yang kita gunakan tentunya berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisinya. seumpama kita dikantor maka bahasa yang kita pakai jauh lebih sopan dari pada di rumah. contohnya untuk menyebut "kamu" maka kita sebut kamu atau "saya" yah tetap saya. tapi bila situasinya diluar maka ada kemungkinan "kamu" menjadi "loe" dan saya menjadi "gue". nah berbicara mengenai bahasa, terutama bahasa pergaulan ada beberapa contoh yang sering digunakan oleh para kaula muda dalam bergaul dengan teman-temanya sendiri, banyak dan beragam istilah yang dipakai. mari kita lihat satu persatu. 1. ada yang menggunakan "BOS". nah kalau ini menurut saya, si penyapa ingin menggambarkan bahwa orang yang mau ia ajak tuk bicara lebih baik dan lebih tinggi posisinya, walau pada kenyataanya tidak (kesanya seperti itu). karena itulah makanya dipanggil Boss....he "mana bos?" 2. "GAN". nah ini juga sering dipakai. kalau tak salah "gan" ini berasal dari kata "juragan" disingkat jadi "gan". intinya hampir sama saja dengan bos, menunjukkan rasa hormat bahwa si penyapa lebih rendah kedudukanya (sepertinya) 3. "BRO". Bro diambil dari kata Brother, saudara. nah kalau yang ini sipengunaya ingin menujukkan bahwa antara mereka ada ikatan yang lebih dekat, layaknya saudara dekat dan kandung, jadi serasa brother gitu. 4. " COY". nah kalau yang ini, maaf sekali saya belum ketemu. darimana kata ini berasal. ada yang tahu? terima kasih banyak yah..coy! 5. "SOB". nah kalau yang ini adalah sama dengan BOS, hanya saja dibalik. bisa juga diartikan sebagai Sobat artinya teman. 6." BOY". (masih ragu) Nah ini bahasa gaul yang menunjukkan bahwa si pengguna ingin menyapa anak laki-laki yang biasanya masih remaja. lebih muda umunya dari penyapanya. 7. ini yang paling saya benci, dan  gara-gara kata inilah saya jadi bisa melayangkan postingan ini. apa itu? yah kata itu adalah "ASS". Dalam bahasa indonesia diartikan sebagai bokong atau pantat. saya dapat kata ini dari kernet beberapa hari yang lalu. kernet ke saya: mana ass, ayo kosong?? saya: (sial, emang saya salah satu bagian tubuh toh?)...............Medan! jadi yang mana yang sering anda pakai untuk berinteraksi dengan orang lain, khususnya teman dekat anda, atau langsung panggil nama.ok baiklah, tapi jangan pakai "ass" yah. salam pergaulan,

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun