Mohon tunggu...
Meita Rosiyanti
Meita Rosiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

traveling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Lingkungan Pendukung dan Penghambat Perkembangan Peserta Didik

26 Juni 2024   23:23 Diperbarui: 26 Juni 2024   23:36 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Lingkungan adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Baik dan buruk, meningkat atau menurunnya perkembangan peserta didik bisa terjadi dikarenakan faktor lingkungan. Lingkungan yang dimaksud meliputi konteks fisik, social dan budaya.

  • Konteks Fisik

Lingkungan yang bersih, aman, damai, sehat dan sejahtera mempengaruhi perkembangan fisik hal tersebut sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisik yang optimal seperti adanya fasilitas kesehatan, sanitasi yang memadai dll. Jika hal tersebut tidak terdapat dalam lingkungan peserta didik maka nantinya perkembangan peserta didik menjadi terhambat contoh lingkungan yang dapat menghambat perkembangan peserta didik seperti kurangnya fasilitas yang dapat memengaruhi kenyamanan dan konsentrasi peserta didik, kondisi kebersihan dan keamanan hal tersebut dapat menimbulkan resiko kesehatan dan rasa tidak aman bagi peserta didik, selanjutnya aksebilitas dan tranportasi, Kesulitan dalam aksesibilitas ke sekolah atau transportasi yang tidak memadai dapat menghalangi peserta didik untuk hadir secara teratur atau memanfaatkan kesempatan pendidikan tambahan di luar sekolah.

  • Konteks sosial

Lingkungan pendukung dan penghambat perkembangan peserta didik mengacu pada semua faktor dan interaksi sosial yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembelajaran mereka termasuk keluarga, sekolah, Masyarakat, teknologi, media massa.

  • Konteks budaya

Dalam konteks budaya, lingkungan dapat memiliki dampak yang signifikan baik dalam mendukung maupun menghambat perkembangan peserta didik.

Lingkungan dalam konteks budaya yang mendukung seperti:

Pengakuan dan Penghargaan atas Keanekaragaman

Lingkungan budaya yang menghargai dan merayakan keberagaman dapat membantu peserta didik membangun identitas positif dan rasa bangga akan latar belakang budaya mereka.

Komunitas Dukungan

Komunitas budaya yang kuat dapat menyediakan dukungan sosial yang penting bagi peserta didik, baik dari keluarga, tetangga, maupun organisasi budaya lokal.

Warisan Budaya dan Pendidikan

Memelihara dan mewariskan pengetahuan budaya, tradisi, dan bahasa kepada generasi muda dapat meningkatkan rasa identitas dan harga diri mereka.

Pendidikan Multikultural

Kurikulum yang mencakup berbagai budaya dan perspektif dapat memperluas pemahaman peserta didik tentang dunia dan mengajarkan toleransi serta empati terhadap orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

Norma Sosial yang Mematikan

Budaya yang mempromosikan norma sosial yang merendahkan atau membatasi peran peserta didik dalam masyarakat dapat menghambat rasa percaya diri dan ambisi mereka.

Diskriminasi dan Stereotip

Peserta didik yang menghadapi diskriminasi atau stereotip berdasarkan latar belakang budaya mereka mungkin mengalami kesulitan dalam mencapai potensi akademis dan sosial mereka.

Pemisahan dari Identitas Budaya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun