Sudah menjadi rahasia umum bahwa di zaman sekarang perkembangan teknologi sudah pada tahap yang sangat berkembang pesat. Digitalisasi sudah merajalela ke berbagai sektor kehidupan masyarakat, dan menjadi bagian terpenting untuk saat ini. Hal itu tentu berdampak ke berbagai bidang salah satu nya pada niaga atau bisnis. Saat ini hampir semua pedagang usaha tidak hanya menjual secara offline namun juga secara online, artikel ini akan membahas bagaimana pemanfaatan digitalisasi dalam Bisnis Online Shop.
Â
Apa itu Bisnis Online?
Bisnis online atau niaga online merupakan kegiatan usaha atau berdagang melalui online seperti melalui aplikasi, situs web maupun social media. Bisnis online bisa berupa barang maupun makanan, bisnis online sangat mudah dilakukan tidak hanya menghemat biaya sewa tempat namun juga mempermudah promosi barang atau makanan yang di jual.
Bisnis online menjadi salah satu teknik marketing zaman sekarang dengan pemanfaatan digitalisasi, banyak pelaku bisnis yang dipermudah karena hal ini begitu pun dengan konsumen. Bagaimana tidak penjual dan pembeli tidak harus bertemu satu sama lain untuk melakukan proses transaksi, hanya perlu memesan lewat online seperti web maupun aplikasi dan pembayaran pun dilakukan secara online atau bisa cod. Setelah itu barang maupun makanan yang di pesan akan sampai tepat di alamat pembeli.
Bisnis online sangat mempermudah pemasaran dari produk barang maupun makanan, dan hal ini membuat peningkatan signifikan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Terutama umkm kecil yang sangat terbantu oleh hal ini.
Â
Bagaimana Pemanfaatan Digitalisasi dalam Bisnis Online Shop?
Pemanfaatan digitalisasi dalam bisnis online shop dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, berikut beberapa cara pemanfaatan digitalisasi dalam bisnis online shop :
1. Toko Online di Aplikasi
Sebagai pedagang atau penjual dapat membuka toko online di aplikasi online yang sudah disediakan, aplikasi toko online saat ini sudah banyak macamnya dan dapat dengan mudah di akses dengan mendownloadnya melalu playstore atau app store. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan yaitu seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada, Tiktok Shop, Dll.
Itulah beberapa aplikasi toko online yang sudah biasa digunakan dalam berniaga online. Aplikasi tersebut sudah banyak digunakan oleh masyarakat hal itu menjadi keuntungan  bagi para penjuual yang ingin menjual produknya karena sudah banyak yang menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut dapat diakses dengan mudah, bagi penjual yang baru ingin mendaftar dapat dengan mudah mendaftarkan tokonya di aplikasi tersebut dengan memasukkan identitas dan beberapa data tentang toko yang ingin dibuat setelah itu sudah dapat menjual produknya di toko online tersebut.
2. Situs Web untuk Toko Online
Tidak jauh berbeda dengan penggunaan toko online di aplikasi, penggunaan situs web untuk menjadi toko online pun sangat marak digunakan dan pemanfaatannyua juga sangat menguntungkan. Penjual yang ingin memasarkan produknya melalui situs web digital dapat dengan mudah mengaksesnya. Yaitu dengan cara mendaftarkan diri untuk membuat web pribadi, setelah itu sudah dapat memasarkan produk melalui online.
Biasanya situs web digunakan juga untuk membuat katalog produk, hal ini akan mempermudah penjual mengenalkan produknya. Pembeli juga dipermudah untuk melihat produk karena di buat dalam bentuk katalog. Biasanya link web nantinya akan di cantumkan pada bio akun social media seperti Instagram, Facebook atau bahkan deskripsi di Whatshap.
3. Social Media untuk Toko Online
Toko online tidak hanya dapat di gunakan melalui aplikasi maupun situs web saja, namun juga dapat di lakukan melalui social media. Caranya adalah dapat membuat akun social media terlebih dahulu setelah itu buat akun menjadi akun bisnis agar mempermudah pemasaran  produk dan melihat insight. Setelah itu penjual dapat mulai menguplod foto-foto produk yang menarik untuk menarik minat pembeli.
Dan tak kalah penting di bagian bio atau deskripsi harus menjelaskan tentang toko. Dan dapat juga di tambahkan link katalog produk untuk mempermudah pembeli melihat produk yang di jual. Setelah itu pemesanan bisa memalui chat pribadi atau memalui link web yang sudah di tautkan pada akun social media. Hal itu menjadi pilihan masing-masing penjual.
Itulah beberapa cara pemanfaatan digitalisasi dalam melakukana niaga online atau bisnis online shop. Itu hanya beberapa cara saja, namun sebenarnya masih banyak cara melakukan jualan secara online seperti melakukan live streaming jualan atau promosi melalui grup chat dll.
Kesimpulan
Dalam melakukan bisnis di zaman sekarang tidak perlu secara konvensuional lagi. Perkembangan digitalisai yang sudah berkembang pesat seperti sekarang dapat dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu bijaklah sebagai penjual, ikuti perkembangan saat ini dengan memanfaatkan digitalisasi semaksimal mungkin, hal itu akan sangat menguntungkan dan mempermudah melakukan bisnis, walaupun memang terdapat sisi negatifnya juga, namun itulah resiko yang harus di hadapi. Semua hal memiliki resiko nya masing-masing dan harus berani melakukan tindakan.
Untuk itu gunakanlah teknologi untuk memabntu pekerjaan, gunakan dengan bijak dan dapatkan manfaatnya. Banyak sekali yang sudah terbantu dengan adanya perkembangan digitalisasi, hal itu tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan Indonesia salah satu pengguna atau pemakai toko online terbesar didunia dan semoga dapat terus berkembang kearah kemajuan. Dan sebagai anak muda harus dapat mengikuti perkembangan zaman.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H