Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran menggunakan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan barang atau jasa sebuah usaha atau merek. contohnya memanfaatkan instagram, facebook, youtube dan tiktok sebagai ruang untuk memasarkan produk secara online. Banyak dari pelaku usaha menggunakan media sosial untuk memasarkan produk mereka karena media sosial dapat langsung berinteraksi dengan konsumen tanpa melakukan kedekatan fisik, melainkan hanya dengan interaksi virtual (Wibowo & Yudi, 2021). Digital marketing memberi kemudahan pada produsen menyebarkan promosi dengan jangkauan yang lebih luas dan memudahkan dalam transaksi penjualan produk. Kelebihan penggunaan digital marketing yaitu: (a) menyebar dengan cepat; (b) kemudahan evaluasi; (c) menjangkau lebih luas; (d) tidak memerlukan banyak biaya dan efektif; (e) dapat membangun brand awareness (Hidayati, et al, 2020).Â
Di zaman yang sudah serba digital saat ini, para pelaku usaha perlu mengikuti trend yang sedang disukai orang – orang agar bisnis semakin maju dan tidak ketinggalan. Penggunaan aplikasi TikTok menjadi salah satu cara produsen menawarkan produknya di era digital ini. Tiktok mengalami peningkatan terutama selama  pandemi COVID-19, Bahkan sampai saat ini . Banyak bisnis dengan berbagai bidang seperti fashion, kuliner, kosmetik dan lain lain yang sudah menggunakan aplikasi ini untuk memasarkan produknya. Kelebihan tiktok dibandingkan aplikasi jualan lain yaitu calon pembeli dapat melihat review vidio yang diunggah oleh pengguna produk tersebut, banyak tawaran-tawaran diskon yang menarik calon pembeli, serta cepat dalam proses pengiriman. produsen juga dapat memasarkan produknya dengan LIVE dengan memberikan harga yang berbeda saat calon pembeli membeli produk tersebuat saat live Hal itulah yang membedakan dari platform yang lain dan menjadi poin plus dari aplikasi Tiktok ini.Â
Oleh karena itu produsen atau penjual harus pandai-pandai dalam memperkenalkan produknya. TikTok menawarkan peluang yang signifikan bagi bisnis untuk meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan pasar, dan membangun keterlibatan konsumen yang kuat di era digital. Namun, keberhasilan dalam memanfaatkan platform ini memerlukan adaptasi dan inovasi terus-menerus, serta pemahaman yang mendalam tentang dinamika platform dan preferensi audiens. Hal tersebut dilakukan agar sebuah bisnis dapat bertahan dan berkembang meskipun dihadapkan oleh banyaknya kompetitor dan lingkungan yang terus berubah.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H