Perguruan Tinggi merupakan lembaga ilmiah yang memiliki fungsi untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di atas perguruan tingkat menengah, serta memberikan pendidikan dan pengajaran berdasarkan kebudayaan kebangsaan Indonesia dan dengan cara ilmiah. Peserta didik dari Perguruan Tinggi disebut dengan mahasiswa, sedangkan tenaga pendidiknya disebut dengan dosen.
Berdasarkan Pasal 1 Ayat 9 UU No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dinyatakan bahwa Perguruan Tinggi wajib menyelenggarakan Tridhrama Perguruan Tinggi, yaitu meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian. Hal ini berlaku pada semua elemen yang ada pada Perguruan Tinggi tersebut, baik mahasiswa maupun dosen. Oleh sebab itu, maka setiap dosen wajib melakukan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah kegiatan pengabdian.
Untuk menunaikan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi pada poin pengabdian, dosen dari Universitas Negeri Padang Nova Yulia, S.Hum., M.Pd. selaku ketua pengabdian beserta tim pengabdian Meira Anggia Putri, S.S. M.Pd. dan Dr. Ulfia Rahmi, M.Pd. melakukan kegiatan Pengabdian kepada guru-guru di Sekolah.
Nova Yulia, S.Hum., M.Pd. menyampaiakan bahwa dari observasi dan wawancara yang tim pengabdi lakukan di SMK pertanian Pembangunan Negeri Padang dan SMA Negeri 13 Padang, diketahui bahwa guru-guru di kedua sekolah tersebut membutuhkan kegiatan pelatihan terkait media pembelajaran online, karena pada saat ini para guru dituntut untuk dapat beradaptasi dengan teknologi, serta dapat melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran daring yang sudah banyak tersedia dan mudah diakses di internet.
Oleh sebab itu, tim pengabdi merasa perlu untuk memberikan pelatihan untuk menularkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan judul kegiatan "Pelatihan Pembelajaran Online untuk Pembelajaran Bahasa bagi Guru SMK Pertanian Pembangunan Negeri Padang dan SMA Negeri 13 Padang”. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2022 dengan mendatangkan Narasumber kegiatan pengabdian Dr. Azrul. M.Pd.
Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan beberapa tahap, yaitu para guru diberikan pengetahuan berupa materi dan tutorial tentang pembelajaran online, selanjutnya praktik mandiri terbimbing sesuai materi yang telah disampaikan, dan terakhir evaluasi. Nova Yulia S,Hum., M.Pd mengutarakan bahwa selama kegiatan pengabdian yang dilakukan, guru-guru memberikan respon yang positif, mereka terlihat bersemangat dan fokus dalam kegiatan pelatihan. Kemudian setelah kegiatan pelatihan ini selesai dilaksanakan, para guru menyatakan bahwa ilmu yang mereka dapatkan dari kegiatan pelatihan ini dapat mereka manfaatkan dalam pengajaran di kelas mereka nanti.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H