Mohon tunggu...
Meilya Syifa Aghniya Rahman
Meilya Syifa Aghniya Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Saya merupakan seorang mahasiswa ilmu komunikasi yang menekuni bidang public relation serta komunikasi massa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Antusiasme Ibu-Ibu Ramaikan Sosialisasi Digital Marketing Desa Masangan Kulon

16 Desember 2022   12:00 Diperbarui: 16 Desember 2022   12:22 283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sidoarjo – Sebanyak sepuluh orang ibu-ibu PKK berkumpul di Balai RT 45 Desa Masangan Kulon, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo untuk mengikuti “Sosialisasi Pemasaran Produk Melalui Digital Marketing UMKM RT 45 Desa Masangan Kulon, Sidoarjo”. Kegiatan ini dihelat pada Sabtu (10/12) dengan didampingi oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur atas bimbingan Saifuddin Zuhri, S.Sos, MSi selaku Dosen Mata Kuliah Perilaku Konsumen. 

Sosialisasi ini merupakan bentuk inisiasi mahasiswa atas program inovasi yang telah dilakukan oleh Ibu-Ibu PKK RT 45 sejak tahun 2019 silam. Inovasi ini berupa program pengelolaan sampah warga menjadi produk pupuk, selain itu warga juga menanam tanaman hidroponik, membuat batik, memproduksi makanan, dan lain-lain. Program inovasi RT 45 digagas oleh Indah (49) selaku Ketua PKK RT 45 RW 11 Desa Masangan Kulon, Sidoarjo.

“Tiga tahun yang lalu ada lomba lingkungan tingkat kelurahan, dari situ saya berpikir apa yang tidak dimiliki oleh RT lainnya, munculah ide membuat (tanaman) hidroponik dan mengelola sampah,” ujar Indah saat ditemui usai sosialisai pada Sabtu (10/12).

Kegiatan dibuka oleh mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang mengulas tentang kesulitan yang dirasakan Ibu-Ibu PKK RT 45 selama menjajakan produk buatannya. Selama ini produk buatan Ibu-Ibu PKK RT 45 masih menyasar target tetangga dan warga sekitar saja, bahkan beberapa hanya untuk konsumsi pribadi.

Mahasiswa lantas memberikan penjelasan mengenai pentingnya teknologi untuk memasarkan produk, salah satunya dengan Facebook. Satu per satu Ibu-Ibu PKK RT 45 mempraktikkan cara membuat akun, membuat postingan, bergabung dalam komunitas UMKM, hingga membuat label dengan tujuan memperluas jangkauan pasar produk.

Melalui sosialiasi ini, diharapkan dapat membawa kemajuan terhadap Ibu-Ibu PKK RT 45 sebagai penggiat UMKM daerah. (Meilya Syifa)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun