Mohon tunggu...
Meilinda Dwi W
Meilinda Dwi W Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Masa depan adalah milik mereka yang menyiapkan hari ini

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Makna Tersirat di Balik Ikon, Indeks, dan Simbol pada Iklan Top White Coffee

14 Januari 2025   11:56 Diperbarui: 14 Januari 2025   11:56 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam dunia pemasaran, iklan memiliki peran penting untuk menyampaikan pesan kepada konsumen dengan cara yang menarik. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk memahami elemen-elemen dalam sebuah iklan adalah melalui teori semiotika Charles Sanders Peirce. Peirce  membagi tanda menjadi yakni ikon, indeks, dan simbol. Dalam artikel ini, kita akan membahas video dan dialog dalam sebuah iklan Top White Coffee menggunakan teori tersebut.

Dialog pada iklan top white coffee

Laki-laki: Wiloo..
Wanita: Iya Bryan
Laki-laki: Aku pengen..
Wanita: Pengen apa?
Laki-laki: Pengen ngopi lagi
Wanita: Minum Top White Coffee. Top White Coffee, kopinya smooth, enaknya authentic.
Laki-laki: Hmmm.. Relaxing, bikin kalem.
Wanita: Bisa sering ngopi deh.. jadi love banget.
Laki-laki: The authentic taste of white coffee dari Wingsfood. Ngopi lagi yuk.
Wanita: Bareng Top White Coffee

1. Ikon

Ikon adalah tanda yang memiliki kemiripan langsung dengan objek yang diwakilinya. Dalam iklan ini, ikon dapat ditemukan pada:

  1. gambar kemasan top white coffee merupakan ikon karena memiliki kemiripan langsung dengan produk aslinya
  2. biji dan bubuk kopi pada video juga merupakan ikon karena merupakan representasi nyata dari bahan dasar produk.
  3. Visualisasi kopi yang sudah dihidangkan dalam bentuk cair yang creamy pada video juga  merupakan ikon dari minuman kopi yang sebenarnya dan menunjukkan kualitas produk.

2. Indeks

Indeks adalah tanda yang menunjukkan hubungan sebab-akibat atau keterkaitan langsung dengan objek.

  1. Penutur laki-laki meminum kopi merupakan indeks dari tuturan ia sebelunya karena ingin minum kopi
  2. Penutur perempuan memberikan kopi kepada lak-laki2 merupakan indeks dari adanya tuturan laki laki (ingin minum kopi)
  3. Penutur laki laki mengucapkan "hmm relaxing, bikin kalem" adalah indeks dari merasakan minuman kopi dan pernyataan ini mengindikasikan bahwa produk memberikan efek relaksasi dan kenyamanan bagi penikmatnya, memperkuat hubungan antara kopi dan suasana santai.
  4. "Kopinya smooth, enaknya authentic" menunjukkan kualitas rasa kopi. "Smooth" mengacu pada tekstur lembut dari produk, sementara "authentic" menggambarkan rasa asli yang sesuai dengan klaim merek. Keduanya merupakan indeks yang mengarahkan konsumen untuk membayangkan pengalaman sensoris saat meminum kopi.
  5. "Bisa sering ngopi deh" merupakan indeks setelah merasakan kenikmatan dari produk dan indeks ini menyiratkan bahwa produk aman untuk dikonsumsi secara rutin, yang biasanya diasosiasikan dengan tingkat keasaman kopi yang rendah.

3.Simbol

Simbol adalah tanda yang hubungannya dengan objek bersifat konvensional dan bergantung pada kesepakatan budaya atau sosial.

- "Love Banget" Ungkapan ini secara simbolis menggambarkan kepuasan emosional terhadap produk. Dalam budaya pop, "love banget" sering digunakan untuk menunjukkan ketertarikan yang besar terhadap sesuatu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun